Tangkap Fredy Kusnadi, Kapolda Metro: Satgas Melindungi Pemilik Tanah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:53 WIB
Polda Metro Jaya tangkap Fredy Kusnadi terkait mafia rumah ibu Dinno Patti Djalal
Polda Metro Jaya menyatakan Fredy Kusnadi terlibat mafia tanah yang menjarah rumah ibunda Dino Patti Djalal. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap Fredy Kusnadi terkait kasus mafia tanah yang menjarah rumah ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal. Polda Metro Jaya menegaskan, dengan ditangkapnya para mafia tanah ini menunjukkan keseriusan polisi dalam melindungi masyarakat pemilik tanah/bangunan yang sah.

"Satgas Mafia Tanah akan terus bekerja untuk melindungi dan membela masyarakat pemilik tanah yang sah," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menyampaikan arahan kepada jajarannya agar tidak ragu untuk mengungkap mafia tanah, termasuk dalang dan bekingnya.

"Bapak Kapolri sudah memerintahkan agar Satgas tidak pernah ragu untuk mengungkap kasus mafia tanah siapapun dalangnya dan siapapun bekingnya. Ini sudah kita buktikan dengan ungkap siapa pemodalnya, dalangnya dan penyedia sarana prasarananya," jelas Fadil Imran.

Polda Metro Jaya menerima 3 laporan polisi dari keluarga Dino Patti Djalal terkait mafia tanah ini. Dari ketiga laporan tersebut, Polda Metro Jaya kini telah menangkap 15 tersangka, termasuk Fredy Kusnadi.

"Khusus terkait saudara FK, tadi pagi tim penyidik telah melakukan penangkapan di Kemayoran, karena telah ditemukan dua alat bukti keterlibatan yang bersangkutan dalam kelompok mafia tanah tersebut," tuturnya.

Simak video 'Pengedar Sabu Jaringan Lapas Ditangkap di Kendari Sultra':

[Gambas:Video 20detik]



Simak arahan Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal mafia tanah di halaman selanjutnya

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa permasalahan mafia tanah menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh sebab itu, Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya menindak secara tegas para mafia tanah.

"Karena masalah mafia tanah menjadi perhatian khusus Bapak Presiden, dan saya diperintahkan Bapak Presiden untuk usut tuntas masalah mafia tanah," ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2/2021).

Para anak buahnya diminta tak ragu mengusut tuntas praktik mafia tanah. Listyo Sigit Prabowo meminta Polri mengambil peran dalam membela hak para korban mafia tanah.

"Saya perintahkan untuk seluruh anggota di seluruh jajaran untuk tidak ragu-ragu dan usut tuntas masalah mafia tanah, kembalikan hak masyarakat, bela hak rakyat tegakkan hukum secara tegas," tegas Sigit.

Rasa tak khawatir ditekankan Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas mafia tanah, siapa pun orang besar di belakang para mafia tanah itu. Sigit menyebut pemberantasan mafia tanah masuk program Presisi Polri.

Bareskrim Polri sendiri melalui Satgas Mafia Tanah tercatat melakukan proses penyidikan sebanyak 37 perkara selama 2020. Sementara itu, 8 perkara dalam proses penyelidikan dan sisanya sudah pada tahap penyidikan.

(mei/tor)