Cerita Ketua RW soal Genangan Berwarna Putih Susu di Sunter Jaya Jakut

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 11:55 WIB
Cerita Ketua RW terkait genangan berwarna putih susu di Sunter Jaya kemarin
Cerita Ketua RW terkait genangan berwarna putih susu di Sunter Jaya kemarin (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Warga di Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dihebohkan oleh genangan air berwarna putih susu yang menggenangi permukiman sekitar. Peristiwa itu terjadi setelah hujan deras kemarin.

Genangan air berwarna putih susu itu terjadi di Jalan Telaga Jaya Utama RT 16 RW 01, Sunter Jaya, Jakarta Utara. Ketua RW 01 Kartono mengaku kaget saat mengetahui genangan air tersebut.

"Ini kemarin kok tahu-tahu ada busa utuh, ini mungkin ada yang buang baking soda atau apa," kata Kartono ketika ditemui di sekitar lokasi, Jumat (19/2/2021).

Cerita Ketua RW terkait genangan berwarna putih susu di Sunter Jaya kemarinLokasi genangan berwarna putih susu di Sunter Jaya kemarin. (Kadek/detikcom)


Kartono mengatakan kawasan tersebut memang kerap terjadi genangan setelah hujan deras. Namun tidak berlangsung lama.

"Kebetulan di sini kan memang kalau habis hujan, banjir, tapi ya begitu hujan berhenti, hilang," ujarnya.

Kartono menyebut air putih susu itu hanya menggenangi gang tersebut sepanjang sekitar 20 meter dengan ketinggian sekitar 10 cm. Dia menduga air putih susu itu berasal dari rumah warga.

"Di sini saja (gang RT 16), ya 15-20 meteran (air putih susu mengalir). Makanya saya bingung saya semalam dapat IG dari ini aja saya kok ada begini di wilayah saya. Kayaknya abis nyuci apa, kulkas atau apa.(Tinggi genangan) semata kakilah sekitar 10 cm," ucapnya.

Lebih lanjut Kartono telah mengambil sampel air untuk diuji di Dinas Kesehatan Lingkungan (DLH) DKI Jakarta. Dengan begitu, diharapkan sumber asal air putih tersebut menjadi jelas.

"Kita bingung (air) limbah atau bukan, ada dampaknya atau nggak seperti itu. Jadi air itu mengandung limbah atau nggak akan kita biar DLH yang tahu. (Dugaan sementara) kita belum tahu. Itu kemarin doang (air susu) sebelumnya nggak ada. Ini sekarang bersih," katanya.

"Ini mau tak (saya) kasih ke kelurahan, nanti biar Pak Lurah yang kasih ke Lingkungan Hidup," lanjut Kartono.

Sementara itu, pantauan di lokasi, kini sudah tidak terlihat lagi genangan di wilayah tersebut. Namun saluran got di sekitar permukiman memang masih terlihat berwarna putih tak pekat.

Tonton video 'Pondok Gede Permai Banjir, Air Luber dari Tanggul Doyong':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)