Pengacara Nurhadi 'Serang' Saksi dari Jaksa soal Keterangan di Sidang

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 21:38 WIB
Nurhadi akhirnya berhasil ditangkap KPK. Eks Dia dibekuk setelah buron selama hampir empat bulan. Berikut sejumlah proses pencarian eks Sekretaris MA tersebut.
Eks Sekretaris MA Nurhadi (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Pengacara Nurhadi, M Rudjito, kembali menyerang saksi yang dihadirkan jaksa KPK, yaitu Direktur Utama PT Multi Bangun Sarana Donny Gunawan dan pemilik toko jam namanya Marieta. Rudjito menyoroti sejumlah keterangan Donny di sidang. Apa saja?

"Saksi Donny Gunawan kan menyebut nama Haris Azhar dari Lokataru yang dalam hal ini mewakili kepentingan saksi Marieta alias Tata, yang dalam keterangan Saudara Donny Gunawan dilaporkan karena melakukan penggelapan," ujar Rudjito seusai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021).

"Kemudian atas pengetahuan Iwan Liman saksi Marieta itu bisa menggunakan jasa saudara Haris Azhar untuk melakukan negosiasi dengan Donny Gunawan selaku pelapor yang melaporkan Marieta, tapi dalam proses negosiasi untuk mencabut laporan yang dilakukan oleh Haris Azhar tidak berhasil, karena proposal yang diajukan nggak bisa disetujui oleh Donny Gunawan," lanjutnya.

Rudjito menduga saksi yang dihadirkan KPK memberi keterangan diarahkan oleh Iwan Liman. Diketahui, nama Iwan Liman disebut dalam dakwaan Nurhadi, Iwan disebut jaksa meminjamkan Rp 10 miliar ke Rezky Herbiyono.

"Kami menggarisbawahi memang ada nampak keterkaitan antara saksi Marieta atau tata dengan saudara Iwan Liman. Karena apa? Pertama yang lunasi pembayaran saudara Marieta kepada Donny Gunawan, itu antara lain saudara Iwan Liman dan Paulus Welly Afandi itu yang fasilitasi pembayaran," katanya.

Rudjito juga menilai keterangan Donny Gunawan dan Marieta ini sengaja memberatkan Rezky dan Nurhadi. Menurutnya, kesaksian Marieta dan Donny tidak sesuai.

"Jadi kami melihat ada hubungan erat Iwan Liman dan Marieta, sehingga bisa diambil hipotesa bahwa keterangan Marieta adalah berdasarkan yang disampaikan Iwan Liman untuk memberatkan Saudara Rezky dan Nurhadi," kata Rudjito.

Sebelumnya, Donny bercerita soal peminjaman uang Rp 3 miliar. Baca di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Melihat Kondisi Lift Pribadi Ketua DPRD DIY yang Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2