Round-Up

Proses Hukum Berjalan Meski Tersangka Korupsi Jadi Anggota Dewan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 20:03 WIB
poster
Ilustrasi (Foto: ilustrasi oleh Edi Wahyono/detikcom)
Bulukumba -

Jajaran wakil rakyat di DPRD Bulukumba diisi wajah baru setelah Muhammad Sabir dilantik melalui Pergantian Antar-Waktu (PAW). Namun belakangan diketahui Sabir berstatus tersangka korupsi.

Sabir dilantik pada Selasa, 16 Februari 2021 menggantikan Andi Murniyati Makking yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri di Pilkada Bulukumba 2020. Selepasnya pihak kejaksaan setempat menyatakan bila Sabir tengah berurusan dengan hukum.

Berdasarkan informasi dari kejaksaan, Sabir merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan kapal nelayan 30 GT pada Dinas Perikanan dan Kelautan. Selain Sabir, dalam perkara itu ada seorang tersangka lagi yaitu Arifuddin yang tengah diburu karena masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Meski kini telah menjabat sebagai anggota dewan, Sabir tetap wajib mengikuti proses hukum. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bulukumba, Hartam Ediyanto, memastikan kasus yang menjerat Sabir segera berujung ke pengadilan.

"Jadi Muhammad Sabir ini tersangka kasus korupsi kapal tahun 2016 dan peristiwanya sendiri di tahun 2012," kata Ediyanto kepada wartawan, Kamis (18/1/2021).

Ediyanto mengesampingkan perihal Sabir yang kini sebagai anggota DPRD Bulukumba. Baginya, proses hukum terhadap Ediyanto tetap berjalan demi kepastian hukum.

"Biar ada kepastian hukum proses kita tetap lanjutkan. pokoknya kita tidak terkait proses politik biar ada kepastian hukum, proses hukum tetap berjalan," tegas dia.

"Prinsipnya , segera akan kita limpahkan perkaranya, yang jelas ini kan persiapan pelimpahan ke persidangan kita sedang menyusun surat dakwaan untuk persiapan," imbuh Ediyanto.

Lantas apa kata Partai Demokrat di mana Sabir bernaung?

Saksikan juga 'Bukti Dinilai Cukup, Sidang Korupsi Istri Najib Razak Berlanjut':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2