Tampil Baru, Kini Kemasan SPRITE Makin Mudah Didaur Ulang

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 17:32 WIB
Peluncuran kemasan baru Sprite
Peluncuran kemasan baru Sprite (Foto: Faidah Umu Sofuroh)
Jakarta -

Kemasan ikonik botol hijau SPRITE kini hadir dengan tampilan baru menjadi botol jernih. Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia Triyono Prijosoesilo mengatakan kemasan baru dari SPRITE ini akan makin mudah didaur ulang.

"Dalam kesempatan saat ini, kami sangat antusias, sangat bersemangat untuk menyampaikan transformasi kemasan SPRITE baru yang lebih mudah untuk didaur ulang. Kemasan baru ini akan menggantikan kemasan ikonik botol hijau SPRITE yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia sejak tahun 1971," ucap Triyono dalam Konferensi Pers acara SPRITE #LihatDenganJernih yang digelar secara virtual, Kamis (18/2/2021).

Ia mengungkapkan upaya ini dilakukan untuk membantu negara dalam menyelesaikan permasalahan sampah yang tengah menjadi isu besar di Indonesia. Di kemasan baru, lanjutnya, SPRITE menggunakan botol plastik PET jernih yang lebih mudah didaur ulang.

"Efek lingkungannya dari botol hijau ke botol jernih, prinsip dasarnya bagaimana kami mempermudah proses daur ulang itu. Faktanya di lapangan adalah nilai dari botol jernih di tingkat pemulung itu jauh lebih tinggi dibanding botol berwarna. Faktanya juga bahwa botol-botol jernih tersebut pada saat nanti didaur ulang, kegunaannya lebih banyak," jelasnya.

Sementara untuk materialnya, imbuh dia, tidak ada yang berubah. Sebab, material PET merupakan salah satu material yang paling banyak didaur ulang dan memiliki nilai ekonomis. Namun, perusahaan juga melakukan eksplorasi jenis-jenis material lain. Contohnya seperti kemasan berbasis kertas hingga plastik dari bahan alami.

"PET sendiri merupakan jenis material yang nilai positifnya tinggi bagi industri. Gampang dibentuk, ringan, mudah didaur ulang dan juga bisa menjaga kualitas produk di dalam kemasan benar-benar terjaga," terangnya.

Kemasan baru SPRITE dengan botol jernihKemasan baru SPRITE dengan botol jernih Foto: Dok. SPRITE

Bersamaan dengan peluncuran kemasan baru SPRITE botol jernih ini, SPRITE juga ingin mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan Project #LihatDenganJernih. Senior Brand Manager PT Coca-Cola Indonesia Fitriana Adhisti mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, SPRITE berkolaborasi dengan Waste4Change, PlusTik, dan Yayasan Sejuta Kacamata Untuk Indonesia.

"SPRITE mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari proses daur ulang. Jadi kita berkolaborasi dengan Waste4Change sebagai mitra yang mengumpulkan. Kemudian juga ada PlusTik yang akan membuat barang yang bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian kita akan mendonasikan item yang bermanfaat ini kepada Yayasan Sejuta Kacamata Untuk Indonesia," jelasnya.

Project #LihatDenganJernih ini akan ditargetkan untuk wilayah Jakarta dan Bali dari mulai Maret hingga April 2021. Masyarakat dapat mengakses akun Instagram SPRITE, kemudian mengumpulkan botol PET jernih bekas pakai berbagai ukuran karena SPRITE mengimplementasikan kemasan botol jernih ini ke setiap ukuran produk.

Meskipun mengganti kemasan produk menjadi lebih jernih, lanjutnya, namun rasa segar dari SPRITE maupun harganya akan tetap sama. Menurutnya penggantian kemasan ini semata-mata bertujuan agar kemasan botol SPRITE lebih mudah untuk didaur ulang.

"SPRITE selama ini dikenal oleh masyarakat luas karena rasa lemon-lime yang menyegarkan dan kemasan hijaunya yang ikonik. Kini, SPRITE telah membuat langkah besar dengan beralih menggunakan kemasan jernih. Kami ingin mengajak masyarakat untuk memberikan solusi yang berarti guna mengatasi permasalahan sampah plastik melalui Project #LihatDenganJernih, yang dirancang untuk membantu meningkatkan laju daur ulang kemasan plastik di Indonesia," tandasnya.

(fhs/ega)