Round-Up

Sekuel Dino Patti Djalal Vs Fredy Kusnadi Kini soal 'Kolonel'

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 07:14 WIB
Dino Patti Djalal
Dino Patti Djalal (Foto: screenshot video)


Fredy Kusnadi Polisikan Dino Patti Djalal

Fredy Kusnadi tidak tinggal diam. Fredy Kusnadi kemudian melaporkan Dino Patti Djalal ke Bareskrim Polri dengan tuduhan pencemaran nama baik, setelah sebelumnya melaporkan ke Polda Metro Jaya.

"Sebenarnya untuk kalau terlapor Dino Patti Djalal itu cocoknya di Mabes. Karena apa? Karena bekas duta besar, setelah itu bekas wakil menteri luar negeri dan juga bekas juru bicara presiden. Terhormatnya di sini. Jadi setelah kami counter dengan membuka laporan ITE, perbuatan tidak menyenangkan, itu kan terbukti semua misalkan dia atau korban ini yang merasakan bagaimana kesulitannya," ujar Tonin saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/2/2021).

Tonin mengaku laporan Fredy Kusnadi diterima dengan nomor laporan polisi (LP) No: LP/B/0116/II/2021/Bareskrim. Menurutnya, laporan Fredy disetujui oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) dengan Pasal 45A Ayat 3 juncto Pasal 27 ayat 3.

Tonin mengatakan Dino dilaporkan terkait postingan Instagram yang diunggah 3 hari lalu. Di dalam postingan itu, terlihat Dino memberi penjelasan sekaligus kesaksian Sherly, tersangka yang tertangkap OTT dalam kasus upaya penipuan sertifikat rumah ibu Dino.

"Sehingga pada hari Minggu dia menginginkan lagi di IG ditampilkan seorang perempuan. Kita begini saja, ada orang duduk di lantai dan dia disuruh nangis-nangis sedangkan dia duduk di atas. Dipropaganda sedemikian rupa dengan kalimat-kalimat yang mengatakan bahwa Fredy ini seperti yang dikatakan," bebernya.


Fredy Kusnadi Bantah Terlibat

Fredy Kusnadi membantah tudingan Dino Patti Djalal bahwa dia adalah mafia tanah. Salah satunya terkait pengakuan tersangka bernama Sherly di Instagram Dino yang mengungkap peran Fredy dalam kasus penjarahan sertifikat rumah ibu Dino, Zurni Hasyim Djalal.

"Kalau tiga buktinya kan poin 1 sama poin 2 saya bantah, yang kemarin ada orang utang, counter jack-nya masih saya pegang, malah masih kurang. Terus yang poin satu kan masa kesaksian tersangka dijadikan barang bukti. Menurut saya, kurang elok lah kalau itu kan diproses biarkan proses itu berjalan," ujar Fredy saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/2/2021).

Fredy Kusnadi menerangkan, proses pembelian rumah ibu Dino berjalan secara normal sesuai dengan hukum. Menurut Fredy, sudah bertemu dengan ibu Dino.

"Prosesnya normal. Kita datang dulu, ya biasa, kita juga ketemu sama sopirnya, sama pembantunya, ketemu ibunya, ketemu yang ditunjuk sebagai pemilik sertifikat yang ditunjuk udah 2 kali juga ke ITC Cibinong kalau nggak salah. Saya pikir itu semua sudah berjalan. Karena kan yang memproses itu kan ada tangan kanannya yang dibilang anak asuhnya, gitu," jelasnya.

Lebih lanjut, Fredy Kusnadi mengatakan ibunda Dino pasti tidak akan mengaku kalau pernah bertemu dengannya. Sebab, kata Fredy, ibunda Dino sudah tua dan dia menduga tidak akan mengingat pertemuan tersebut.

"Ya kalau sekarang ditanya (ibunda Dino) pasti bilang pasti nggak. Karena kan ya gitu, susah juga sih, karena kan orang udah tua gitu," keluh Fredy.


(mea/mea)