Saksi Sebut Fee Fredrich dari Novanto Termurah Jika Dibandingkan Kasus Lain

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 20:03 WIB
Saksi Mujahidin, saksi yang dihadirkan Fredrich Yunadi
Saksi Mujahidin, saksi yang dihadirkan Fredrich Yunadi (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Fredrich Yunadi kembali menghadirkan satu saksi dalam sidang gugatan terkait fee pengacara dari Setya Novanto. Saksi menyebut fee yang didapat Fredrich dari Novanto termurah dari kasus lainnya.

"Sepengetahuan saya yang pernah menangani kasus bareng, pak Fredrich feenya ada 5 M per surat kuasa, (harganya) bervariasi, dan dengan Pak Setnov yang paling murah saya rasa, yang lain di atas 5 M," kata Saksi Mujahidin, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (17/2/2021).

Mujahidin mengatakan, Fredrich awalnya mengajukan Rp 3 miliar ke Novanto per satu surat kuasa. Namun, akhirnya disepakati sebesar 2 miliar.

"Awalnya pak Fredrich bilang ke saya, pak Setnov orang besar. Awalnya minta Rp 3 miliar per satu kasus tapi terakhir akhirnya diputuskan Rp 2 miliar per satu surat kuasa, satu surat kuasa itu satu permasalahan," kata Mujahidin.

Dia menyebut ada 10 surat kuasa yang dibuat oleh Fredrich terkait persoalan e-KTP yang menjerat Novanto. Namun, Mujahidin menyebut Novanto baru membayarkan fee sebesar Rp 1 miliar.

"Belum dibayar baru Rp 1 miliar saja, itu buat tanda jadi aja, pas awal-awal," tuturnya.

Perkara ini diketahui didaftarkan dengan nomor perkara 264/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL tertanggal 20 Maret 2020.

Dilihat di petitum, Fredrich menggugat Novanto terkait fee jasa kuasa hukum. Dia mencantumkan ada kerugian materiil dan imateriil di petitumnya yang nilainya mencapai Rp 2 triliun.

"Menyatakan perbuatan tergugat I dan tergugat II yang tidak membayar seluruh biaya jasa kuasa hukum kepada penggugat merupakan perbuatan wanprestasi," bunyi salah satu petitum Fredrich.

Simak video 'Saksi Ahli Sebut Novanto Wajib Lunasi Fee Pengacara ke Fredrich':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/eva)