Disidik Sejak 2019, Polisi Tetapkan 11 Tersangka Mafia Rumah Ibu Dino Patti

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 19:00 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus dugaan mafia tanah yang menjarah sertifikat rumah Zurni Hasyim Djalal, ibunda Dino Patti Djalal. Dari tiga laporan polisi yang diterima, total sudah ada 11 orang yang ditetapkan tersangka.

"Saat ini sudah 11 tersangka dari dua laporan polisi. Perkara yang ketiga terus dilakukan pembuktian materil berdasarkan alat bukti yang relevan," kata Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dwiasi dalam keterangannya yang diterima detikcom, Rabu (18/2/2021).

Dwiasi kemudian menjelaskan perjalanan kasus ketiga perkara tersebut. Dia menyebut kasus pertama bermula dari penjualan rumah milik Zurni Hasyim Djalal, ibunda dari Dino Patti Djalal di Pondok Indah pada April 2019.

Saat itu dua orang atas nama Van dan Fery mengaku akan membeli rumah tersebut. Lalu kuasa hukum korban bernama Mustopa menyerahkan sertifikat rumah kepada Arnold yang mengaku perwakilan dari pembeli.

"Tanpa sepengetahuan korban, pada tanggal 22 April 2019 terbit AJB yang berisi bahwa korban menjual tanah dan bangunan miliknya kepada Van. Padahal korban tidak pernah menghadap notaris manapun untuk menjual tanah dan bangunan tersebut. Terhadap AJB itu juga, Van telah membalik nama menjadi atas namanya dan menjualnya kepada Hen," terang Dwiasi.

Polisi kemudian segera melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tiga tersangka inisial AS, SS, dan DR. Ketiganya kini menjalani putusan pidana dan berada di rutan Polda Metro dan Lapas Cipinang.

"Pada 16 Februari 2021 pukul 04.00 WIB telah dilakukan penangkapan tersangka VG dan FS di Ampera Jakarta Selatan. Jadi total seluruhnya 5 tersangka," imbuh Dwiasi.

Simak penjelasan polisi soal Fredy Kusnadi di halaman selanjutnya

Simak video 'Dino Patti Djalal Blak-blakan Sebut Fredy Mafia Kelas Kolonel':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2