ADVERTISEMENT

Polisi: Kerumunan di Pantjoran PIK Spontanitas, Barongsai Pemicunya

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 12:53 WIB
Tahun Baru Imlek 2571/2020 jatuh pada tanggal 25 Januari. Sejumlah persiapan pun dilakukan oleh komunitas Tionghoa di Skotlandia untuk merayakan Imlek.
Gambar hanya keperluan untuk ilustrasi, bukan merujuk pada kejadian yang sebenarnya. (Getty Images/Jeff J Mitchell)

Menurut Nasriadi, pengelola sudah menempatkan kursi-kursi di sentra kuliner dengan memperhatikan jarak antarpengunjung. Namun, karena banyaknya pengunjung, kerumunan tidak terelakkan.

"Sebenarnya mereka sudah berusaha menempatkan di tenant kuliner itu kursi yang jaga jarak, tapi karena itu tempat baru jadi masyarakat itu bukan dari PIK aja, termasuk masyarakat Teluk Naga, Banten itu pada datang, jadi itu area umum. Karena ada datang juga masyarakat yang bukan makan aja, tapi foto-foto karena nuansa bangunan itu etnis Chinese dan bagus ya jadi pada foto-foto," papar Nasriadi.

Polisi telah menetapkan BJ sebagai tersangka dalam kasus kerumunan barongsai ini. BJ hari ini dijadwalkan diperiksa di Polres Metro Jakarta Utara.

Sebelumnya, panggung Barongsai yang digelar di Pantjoran PIK, Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, disegel. Langkah penyegelan diambil usai tempat tersebut menimbulkan kerumunan pada perayaan Imlek, 14 Februari lalu.

Dari video yang diterima detikcom, panggung barongsai tersebut memang terlihat menimbulkan kerumunan massa. Masyarakat mulai dari orang tua hingga anak-anak terlihat memadai tempat tersebut melihat pertunjukan barongsai.

Meski mayoritas pengunjung nampak menggunakan masker, anjuran untuk menjaga jarak di tempat tersebut abai dilakukan. Polisi berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 membubarkan dan menyegel panggung atraksi barongsai tersebut.


(mei/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT