Disegel Gegara Judi, Pemancingan di Jaksel Bakal Dipakai untuk Pangan Warga

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 19:02 WIB
Ilustrasi garis polisi
Ilustrasi penyegelan (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Tempat pemancingan di Pondok Labu, Jakarta Selatan (Jaksel), disegel karena diduga menjadi tempat perjudian. Polisi mengatakan suda melakukan gelar perkara untuk menentukan ada tidaknya unsur pidana.

"Iya sudah (gelar perkara). Sedang saya laksanakan sekarang ini. Cuman kalau misalnya tadi kita udah rapat Danramil sama Camat, nanti ke depannya rencananya kita mau adakan perdamaian," ujar Kapolsek Cilandak Kompol Iskandarsyah, Selasa (16/2/2021).

Dia mengatakan rencana perdamaian tersebut telah dibicarakan. Nantinya, tempat pemancingan itu akan dipakai untuk keperluan pangan warga.

"Untuk tempat pemancingan ini mau kita ubah jadi ketahanan pangan buat masyarakat, gitu," ujar Iskandarsyah.

Dia mengatakan gelar perkara dilakukan untuk menentukan tersangka terkait kasus dugaan perjudian di tempat pemancingan itu. Dia mengatakan masalah yang ada bukan sekadar dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

"Iya (menentukan tersangka), bukan pelanggaran prokes lagi, apakah ada unsur judinya atau tidak. Kalau kemarin kita amankan kan karena itu mengadakan event pada saat pandemi seperti ini. Sudah gitu dites reaktif satu kan," katanya.

Iskandarsyah menyebut ada sejumlah bukti terkait dugaan perjudian yang diamankan. Menurutnya, masyarakat di sekitar lokasi banyak yang belum paham soal perbuatan yang termasuk perjudian.

"Sampai sekarang ada beberapa alat bukti yang petunjuknya ke sana (perjudian). Cuma kita masih belum rilis tuh terkait adanya perjudian atau nggak. Karena kita mau, kan ini masyarakat juga masih belum paham hukum, kita mau edukasi," katanya.

Sebelumnya, Polisi dan Satpol PP Jaksel menyegel sebuah tempat pemancingan yang terletak di Jalan Pringgondani, RT 013 RW 03, Pondok Labu, Cilandak. Penyegelan itu dilakukan karena adanya temuan tempat pemancingan itu digunakan untuk aktivitas perjudian

"Disegel polisi karena ada perjudian di pemancingan Kelurahan Pondok Labu," ujar Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang kepada detikcom, Senin (15/2).

Ujang menyebut pihaknya sebelumnya sudah pernah menyidak tempat pemancingan itu. Sidak dilakukan karena adanya laporan masyarakat soal pelanggaran protokol kesehatan.

(haf/haf)