Ngaku Ajudan Sukarno-Tipu Warga Rp 20 Juta, Kakek 73 Tahun Ditangkap

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 18:08 WIB
Konferensi Pers di Polres Metro Jakpus (Rahmat Fathan-detikcom)
Foto: Konferensi Pers di Polres Metro Jakpus (Rahmat Fathan-detikcom)
Jakarta -

Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat menangkap Iwan Gunawan (73) terkait kasus dugaan penipuan. Iwan mengaku sebagai mantan ajudan Presiden RI pertama, Sukarno.

"Kronologis Oktober 2020 IG (Iwan Gunawan) bertemu korban J. Pada saat itu, IG mengaku seorang purnawirawan berpangkat Letnan Jenderal TNI AU. Dia juga mengaku sebagai mantan ajudan Presiden RI pertama, Bapak Sukarno. Mengaku juga sebagai seorang profesor," ujar Kasatreskrim Polres Metro Jakpus, AKBP Burhanuddin, di Mapolres Metro Jakpus, Selasa (16/2/2021).

Iwan juga mengaku memiliki sejumlah dokumen berharga yang berada di luar negeri. Nilainya cukup fantastis, yakni mencapai USD 2 miliar dan HKD 15 miliar.

"Karena tersangka nggak memiliki kemampuan untuk mencairkan, akhirnya minta bantu korban. Jika korban sanggup mencairkan dalam waktu dua bulan akan dibagi dua, 50% untuk korban, 50% untuk tersangka," ucap Burhanuddin.

J sempat mengklarifikasi keabsahan dokumen-dokumen milik Iwan ke salah satu bank. Saat itu, pihak bank tersebut juga menyatakan dokumen milik Iwan palsu.

Namun demikian, J diperdaya usai diperlihatkan sejumlah barang dan dokumen-dokumen lainnya milik Iwan. Korban pun memberikan uangnya kepada Iwan untuk membantu proses pencairan sejumlah dokumen itu.

"Setelah ditunggu dua bulan tersangka mulai melakukan aksinya, meminta dana ke korban sehingga korban sempat menstransfer uang ke tersangka lebih kurang Rp 20 juta. Di sinilah mulai terjadi tindak pidananya. Korban mulai percaya beberapa dokumen dan benda yang diperlihatkan," kata Burhanuddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2