Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional Bawa Pesan Waspada Paham Radikal

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 10:45 WIB
BNPT
Foto: BNPT
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional bertajuk 'Salam Indonesia Harmoni'. Deklarasi ini dihadiri Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar di studio TVRI.

Sebelumnya, Boy meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap hal yang berpotensi terjadinya penyebarluasan paham radikal. Paham radikal yang dimaksud mengarah pada perbuatan tindak pidana terorisme.

"Sejumlah kelompok masyarakat cukup rentan terkena dampak dari pengaruh kelompok jaringan teroris. Marilah bersama-sama menjaga Indonesia aman dan damai demi persatuan dan kesatuan NKRI," kata Boy dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Dalam acara tersebut, Boy hadir mengenakan pakaian adat Minangkabau, Sumatera Barat. Sejumlah tamu yang hadir juga turut mengenakan pakaian adat tradisional nusantara. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan daerah, penyanyi Virzha dan Wizzy juga turut hadir menyanyikan lagu nasional dan daerah.

Selain Boy, turut hadir pula beberapa Ketua Gugus Tugas Pemuka Agama yang dibentuk oleh BNPT guna mencegah penyebaran paham radikal dan terorisme. Boy dan mereka mendeklarasikan Kesiapsiagaan Nasional dipandu oleh finalis Putri Indonesia 2020 Yoan Clara Teken.



Simak Video "Analisis BNPT soal Fenomena Kasus Penyerangan Ulama"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)