Wagub Riza Puji Ganjil Genap Bogor Kurangi Warga Liburan ke Luar Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 17:53 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Foto: Ilman/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut jumlah warga yang berpergian ke luar Jakarta saat libur Tahun Baru Imlek lebih sedikit dibanding libur panjang sebelumnya. Riza memuji penerapan ganjil genap di Kota Bogor bisa mencegah masyarakat liburan ke luar kota.

"Kami mengapresiasi bahwa masyarakat di masa liburan ini sekalipun masih ada yang pergi ke luar kota tapi jumlahnya tidak sebesar dengan liburan sebelumnya dan kami mengapresiasi kebijakan yang diambil Pak Bima ya terkait ganjil genap itu membantu supaya masyarakat tidak keluar Kota, ke Bogor setidaknya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

Dia juga menyebut perayaan Imlek dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Dia optimis libur panjang Imlek tak berdampak signifikan terhadap penambahan kasus COVID-19.

"Kedua, liburan Imlek ini kami berterima kasih dan mengapresiasi. Saya juga berkunjung ke Vihara, disiplin bahkan secara umum malah tidak dibuka, bahkan diimbau ibadah atau melakukan perayaan di rumah masing-masing. Tentu kami berterima kasih atas dukungan dan apresiasi yang tinggi bagi para pemuka agama, pimpinan agama Buddha, Konghucu masyarakat Tionghoa dan sebagainya," jelasnya.

"Atas dasar itu mudah mudahan kita berharap liburan Imlek ini tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan (kasus COVID-19)," lanjutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut ada penurunan mobilitas kendaraan di dua gerbang tol menuju Kota Bogor, yakni Baranangsiang dan Sentul Barat, saat pelaksanaan ganjil genap. Saat perayaan Imlek, Jumat (12/2), total kendaraan yang melintas berjumlah 40.124 kendaraan.

Jumlah ini disebut menurun 20,6% atau 10.417 kendaraan dibanding data Jumat pekan sebelumnya. Sementara pada Sabtu (13/2), tercatat ada 45.459 kendaraan yang melintas atau menurun 2,8% (1.314 kendaraan) dibanding Sabtu pekan sebelumnya.

Pemkot Bogor memberlakuan aturan ganjil genap akhir pekan bagi kendaraan di Kota Bogor. Aturan ganjil genap ini berlaku selama 14 hari.

Simak video 'Langgar Aturan Ganjil-Genap Bogor, 132 Kendaraan Diputarbalikkan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)