Sudah 18 Ribu Penumpang Kereta Gunakan Tes GeNose di Stasiun Senen

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 13:33 WIB
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Tes GeNose telah hadir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sejak 3 Februari lalu. Total, hingga kini, sudah ada 18 ribu penumpang yang menggunakan layanan ini.

"Jumlah pengguna jasa yang telah melakukan GeNose di Stasiun Pasar Senen sejak awal dibuka sampai kemarin, secara total itu sudah ada sekitar 18 ribu pengguna yang menggunakan layanan GeNose tes," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

Selain di Stasiun Pasar Senen, PT KAI Daop 1 menyediakan layanan tes GeNose di Stasiun Gambir mulai hari ini. Hingga siang ini, setidaknya sudah ada 100 penumpang yang menjalani tes GeNose.

"Ya untuk di Stasiun Gambir sejak tadi pagi sampai siang ini untuk GeNose tes sudah ada sekitar 100 penumpang pengguna jasa yang menggunakan layanan GeNose di Stasiun Gambir," ucap Eva.

Dia menjelaskan alasan tes GeNose baru dibuka di Stasiun Gambir pada hari ini. Menurut dia, PT KAI Daop 1 melakukan evaluasi terlebih dahulu dalam pelaksanaan tes GeNose di Stasiun Pasar Senen.

"Karena ya untuk awal ini kita kan harus melakukan evaluasi agar kita terus improvisasi untuk layanannya, sehingga kita fokuskan dulu di Stasiun Pasar Senen," kata dia.

"Setelah kita anggap dievaluasi, ini bisa kita lanjutkan perkembangannya, nah ini baru diadakan di Stasiun Gambir untuk hari ini," Eva menambahkan.

Kata Eva, ada beberapa stasiun di daerah lain yang telah menyediakan tes GeNose. Namun, untuk Daop 1 Jakarta baru di Stasiun Pasar Senen dan di Stasiun Gambir saja.

"Prinsipnya seluruh pengguna jasa yang akan berangkat dari area Daop 1 baik itu dari Stasiun Gambir, Stasiun Bekasi, Stasiun Jakarta Kota, mereka bisa melakukan GeNose tes di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir," tuturnya.

Selain di Stasiun Gambir, hari ini PT KAI juga menambah lima stasiun lainnya yang menyediakan pemeriksaan GeNose COVID-19. Kelima stasiun tersebut adalah Stasiun Solo Balapan, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Dengan demikian, layanan pemeriksaan tes GeNose di stasiun saat ini sudah tersedia di delapan stasiun besar di Indonesia. Dua stasiun yang sudah lebih dahulu disediakan tes GeNose adalah Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

(mae/mae)