Komnas HAM Serahkan Barang Bukti Hasil Investigasi Kasus Km 50 ke Polri Besok

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 10:40 WIB
Beka Ulung Hapsara / Komnas HAM
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memastikan akan menyerahkan barang bukti hasil investigasi kasus Km 50 yang menewaskan 6 laskar FPI ke Polri. Komnas HAM mengatakan saat ini masih berkoordinasi dengan Polri berkaitan dengan penyerahan tersebut.

"Ini masih koordinasinya. Tetapi Komnas HAM bisa memastikan akan menyerahkan semua barang bukti yang dibutuhkan oleh kepolisian," ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara saat dihubungi, Senin (15/2/2021).

Beka mengungkapkan serah-terima barang bukti dengan Polri bakal dilakukan besok. Namun, dia belum bisa memberikan waktu pastinya. Beka berjanji akan mengundang media dalam penyerahan itu.

"Sudah berkoordinasi. Rencananya besok akan serah terima, hanya masih akan dipastikan lagi soal waktunya. Undangan akan segera disampaikan ke kawan-kawan media kalau sudah ada kepastian waktunya," tegasnya.

Sebelumnya, polisi telah mempelajari hasil investigasi yang diserahkan Komnas HAM terkait tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di 'Km 50' Tol Cikampek. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono berkoordinasi dengan Komnas HAM untuk meminta barang bukti.

"Yang diterima oleh Polri dalam hal ini adalah hasil investigasi dari Komnas HAM yang berjumlah lebih kurang 60 halaman. Dan sesuatu yang menjadi lebih penting untuk Polri dapat menindaklanjuti daripada permasalahan ini adalah barang bukti yang sampai saat ini masih dikuasai oleh Komnas HAM," kata Rusdi dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (11/2).

"Oleh karena itu, tindak lanjut ke depan, Polri akan berkoordinasi dengan Komnas HAM untuk dapat meminta Komnas HAM memberikan barang bukti yang sampai saat ini masih dikuasai oleh Komnas HAM untuk diberikan kepada Polri. Karena barang bukti ini menjadi sesuatu yang penting bagi Polri untuk dapat menindaklanjuti daripada hasil investigasi Komnas HAM," imbuh dia.

Simak video 'Polri Minta Barbuk Investigasi Komnas HAM Terkait Tewasnya Laskar FPI':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)