Jokowi Akan Resmikan Bendungan di NTT-Banten Pekan Depan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 12:55 WIB
Jokowi saat bertolak ke Pacitan untuk meresmikan Bendungan Tukul (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi saat bertolak ke Pacitan untuk meresmikan Bendungan Tukul. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pacitan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini telah meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur. Pekan depan, Jokowi juga akan meresmikan sejumlah bendungan di berbagai daerah.

"Nanti minggu depan ini kita akan resmikan lagi Bendungan Napun Gete NTT, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindang Heula di Provinsi Banten," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Tukul, di Pacitan, Jawa Timur, melalui siaran langsung di YouTube Setpres, Minggu (14/2/2021).

Jokowi mengatakan ada 65 bendungan di seluruh Tanah Air yang dibangun sejak 6 tahun lalu. Beberapa di antaranya sudah difungsikan.

"Ada 65 bendungan di seluruh tanah air yang telah kita mulai bangun 6 tahun yang lalu dan beberapa sudah bisa diresmikan seperti Bendungan Raknamo di NTT, Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan Tanju di NTB, Bendungan Mila di NTB, Bendungan Tritip di Kalimantan Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Kepri Kepulauan Riau, Bendungan Nipah di Jawa Timur dan pada hari ini Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur," papar Jokowi.

Jokowi mengatakan bendungan memiliki peran sangat penting bagi masyarakat. Bendungan, kata dia, berfungsi untuk pengendalian banjir hingga penyedia air baku untuk masyarakat.

"Bendungan sekali lagi memiliki peran sangat penting untuk pengendalian banjir, untuk mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku," kata dia.

Seperti diketahui, hari ini Jokowi meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan. Jokowi berharap bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp 916 miliar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Pacitan.

"Saya harapkan dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan ini akan menjadi infrastruktur yang penting memperkuat ketahanan pangan dan memperkuat ketahanan air. Saya minta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten benar-benar bisa memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah," papar Jokowi.

Simak video 'Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)