Ma'ruf Amin Minta Pengetatan Aturan Penambangan Liar di Daerah Rawan Bencana

Azhar Bagas - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 19:43 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres RI Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia sudah memiliki aturan terkait penambangan liar. Ma'ruf Amin mengatakan kehadiran penambangan liar tidak boleh dibiarkan.

"Kita sudah punya peraturan presiden (perpres) tentang penutupan penambangan liar. Di samping melakukan peerusakan, kemudian juga banjir, bahkan ada lagi yang lebih bahaya, yaitu merkuri. Di beberapa daerah itu sampai masyarakatnya itu cacat di berbagai daerah, Tapanuli Selatan, Banten. Oleh karena itu, tidak boleh dibiarkan, harus dilakukan penutupan, penutupan (dengan lantang)," kata Ma'ruf Amin kepada wartawan di Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

Ma'ruf Amin juga menyinggung soal pemeliharaan lingkungan serta penebangan yang masih kerap terjadi. Dengan itu, Ma'ruf Amin akan terus berupaya meminimalkan penyebab bencana yang dibuat manusia ini.

"Begitu juga pemeliharaan lingkungan, kemudian juga penebangan-penebangan, tanggul, dan lain sebagainya. Nah, itu kita ingin mencoba paling tidak untuk meminimalkan bencana ini supaya tidak tiap tahun terjadi. Korban-korban yang tidak pernah berhenti. Langganan tahunan," ujarnya.

Meskipun sudah ada perpres tentang penutupan penambangan liar, Ma'ruf Amin menegaskan dibutuhkan pengetatan dalam implementasinya. Secara khusus, ia pun meminta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meningkatkan penertiban pengetatan penambangan liar di daerahnya.

"Ya sebenarnya sudah ada (perpres penambangan liar), tinggal pengetatan selama ini. Aturannya sudah ada. Karena itu, kita tidak melihat akibatnya seperti itu. Karena itu, dilakukan pengetatan-pengetatan di daerah sumber bencana, seperti yang terjadi di Karawang maupun di Subang," ujarnya.

"Saya kira Pak Wagub (Uu) ini betul-betul nanti di samping perbaikan, pencegahan, kemudian juga penertiban, law enforcement-nya ditingkatkan lagi," sambungnya.

Diketahui, Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang terdampak banjir. Ma'ruf Amin sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban banjir Subang.

Setiba di lokasi, Ma'ruf Amin langsung disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Subang Ruhimat. Ma'ruf Amin terlihat mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu hitam.

(hel/hel)