Tentang Tsuwaibah Al-Aslamiyah, Ibu Susu Nabi Muhammad SAW

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 20:20 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad
Foto: Getty Images/iStockphoto/ramil110
Jakarta -

Tsuwaibah Al-Aslamiyah merupakan salah satu perempuan yang menyusui Rasulullah SAW. Meskipun tak lama, akan tetapi Rasulullah SAW menganggap Tsuwaibah seperti ibu kandungnya.

Beberapa hari setelah disusui oleh sang ibu, Rasulullah SAW kemudian disusui oleh Tsuwaibah Al-Aslamiyah, ia adalah perempuan yang telah dimerdekakan oleh Abu Lahab ketika ia datang kepadanya memberitahukan kabar gembira kelahiran beliau.

Dikutip dalam buku 'Maulid Al-Barzanji' oleh Sayyid Ja'far Al-Barzanji Tsuwaibah menyusui Nabi Muhammad SAW bersama anak laki-lakinya, Masruh dan Abu Salamah dan ia memuliakan dan sayang kepada beliau. Sebelumnya, ia menyusui Hamzah yang amalnya terpuji dalam menolong agama Islam.

Dalam buku 'Membaca Sirah Nabi Muhammad: Dalam Sorotan Al-Qur'an dan Hadits-hadits Sahih' oleh M. Quraish Shihab, dalam satu riwayat dinyatakan bahwa paman Nabi SAW al-Abbas, setahun kematian saudaranya Abu Lahab bermimpi melihatnya memakai pakaian putih dan dia menanyainya tentang keadaannya.

Abu Lahab menjawab dalam mimpi itu bahwa dia di neraka, hanya saja setiap malam Senin Allah meringankan siksa atasnya karena dia memerdekakan hamba sahayanya, Tsuwaibah, yang datang menyampaikan kepadanya berita kelahiran Nabi Muhammad SAW. (HR. Bukhari dengan redaksi yang lebih panjang.)

(lus/erd)