Dino Patti Djalal Sebut Dalang Mafia Tanah Tak Ditahan, Polisi Beri Penjelasan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 11:03 WIB
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolda Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) terkait kematian editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polda Metro Jaya menyatakan kematian Yodi Prabowo karena bunuh diri dengan cara menusukkan pisau ke perut dan leher. Hadir dalam keterangan pers tersebut antara lain Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat (Ari Saputra/detikcom)

Lebih lanjut Tubagus mengatakan pihaknya menangani 3 laporan polisi (LP) terkait mafia tanah yang dilaporkan keluarga Dino Patti Djalal ini. Untuk laporan pertama dan kedua, kata Tubagus, pihaknya sudah menangkap dan menahan para tersangka.

Sedangkan di kasus yang ketiga ini, polisi masih melakukan penyelidikan. Kasus yang ketiga ini baru dilaporkan beberapa waktu lalu.

"Yang ketiga ini baru, baru dibikin seminggu yang lalu. Ternyata, ada lagi rumah ibunya (Dino Patti Djalal) yang diduga terjadi pemindahan juga, yang terjadi ini baru terjadi sekitar 10 hari atau seminggu yang lalu," tuturnya.

Sebelumnya, Dino Patti Djalal menyebut nama Fredy Gusnadi sebagai salah satu dalang mafia tanah yang memalsukan sertifikat rumah keluarganya. Lewat akun pribadi Twitter-nya, Dino Patti Djalal menyebut Fredy Gusnadi tidak ditahan setelah sebelumnya ditangkap polisi.

"Update MafiaTanah: Ternyata polisi pernah tangkap dalang sindikat tanah a.n. Fredy Kusnadi tgl 11 Novembr 2020 jam 9 malam. Namun setelah dibawa ke Polda Metro, malam itu juga sang dalang dibebaskan tanpa proses hukum yg transparan+jelas. Setelah itu, dalang tersebut kabur dari rumahnya," cuit Dino lewat akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Kamis (11/2/2021).

Dino Patti Djalal mempertanyakan proses hukum terhadap Fredy Gusnadi tersebut. Dia menyebut selama ini pihak kepolisian tidak pernah menyebut terkait peristiwa penangkapan dan pembebasan Fredy Gusnadi.

Dia menambahkan, Fredy Gusnadi merupakan salah satu dalang yang telah memalsukan sertifikat dari dua rumah keluarganya.

"Untuk diketahui, dalang sindikat Fredy Kusnadi juga terlibat dalam upaya penipuan sertifikat minimal 2 rumah Ibu saya lainnya, dan bukti-buktinya sangat jelas. Fredy juga bagian dari sejumlah dalang lain dalam komplotan mafia tanah ini," ungkap Dino.

Halaman

(mei/fjp)