Imigrasi soal Kapal Pesiar Rusia Masuk RI: Keadaan Darurat, Bukan Sengaja

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 15:33 WIB
Konferensi pers di Kemenkum HAM Aceh (Agus Setyadi-detikcom)
Konferensi pers di Kemenkum HAM Aceh (Agus Setyadi/detikcom)

Awak dan Kru Negatif Corona

Kepala Seksi Karantina Surveillance Epidemiologi KKP Kelas III Banda Aceh Saifullah mengatakan 18 orang yang ada di kapal La Datcha sudah mengikuti tes swab. Pemeriksaan swab-PCR dilakukan di laboratorium Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

"Hasilnya, ke-18-nya negatif Corona," kata Saifullah.

"Mereka juga sudah melewati masa inkubasi sejak berangkat dari pelabuhan terakhir," sambungnya.

Sebelumnya, kapal pesiar La Datcha George Town milik Rusia terpantau berada di Perairan Aceh Besar, Aceh. Kapal tersebut diketahui tanpa izin masuk Indonesia dan sudah lego jangkar sejak 4 hari lalu.

"Kapal La Datcha George Town berangkat dari Maladewa menuju Singapore, sehingga singgah di perairan Pulo Rusa sejak 4 Februari 2021. Namun untuk melanjutkan perjalanan ke Singapore belum dapat ditentukan jadwal berangkatnya," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy dalam keterangan kepada wartawan, Senin (8/2).

Winardy mengatakan, keberadaan kapal itu diketahui personel Polsek Lhoong, Jumat (5/2) lalu setelah mendapat laporan dari masyarakat. Saat itu kapal wisata tersebut lego jangkar di sekitar Pulau Rusa Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

"Selama berada di perairan Pulo Rusa mereka mengaku hanya menikmati wisata dan snorkeling untuk melihat keindahan taman laut," ujarnya.

Halaman

(agse/haf)