Ular Sanca Ditemukan di Menteng, Kini Jadi Tontonan Warga

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 17:15 WIB
Warga di Jl Talang, Menteng, Jakarta, melihat ular sanca yang sudah diamankan dalam kandang
Warga di Jl Talang, Menteng, Jakarta, melihat ular sanca yang sudah diamankan dalam kandang. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Seekor ular sanca ditemukan di sekitar aliran sungai Ciliwung di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat. Ular sanca ini sudah ditangkap dan menjadi tontonan warga.

Pantauan detikcom pukul 16.00 WIB, ular sanca tersebut kini diamankan di sebuah kandang. Ular sanca ini ditemukan Wahyudin (35), seorang pedagang masakan nasi Padang yang warungnya tak jauh dari lokasi. Mulanya, Wahyudin sedang membakar ikan di dekat aliran Sungai Anak Ciliwung pada pukul 10.00 WIB.

"Lagi bakar ikan pas tengok ke kali pertama keliatan itu kepalanya aja, saya pikir biawak, ternyata ular. Saya uber, sampai saya turun ke bawah warga pun pada takut ga ada yang mau ikut karena memang ular liar," ujar Wahyudin saat ditemui detikcom di Menteng, Jakpus, Rabu (10/2/2021).

Penangkapan ular sanca berlangsung di dalam aliran sungai sejak dari Jembatan Talang hingga dekat apartemen di dekat lokasi. Menurut dia, ular sanca tersebut sempat melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap.

"Akhirnya saya lepasin, saya ikutin arus dia, sampai saya cari titik lemahnya di mana ya sampai penangkapan tersebut kenanya di daerah Kali Kimia sana. Dari sini ke sana hampir 500 meter," ujar Wahyudin.

Penangkapan ular sanca berlangsung sekira 1 jam. Dia mengaku menangkap ular tersebut sendirian.

"Ada warga, ada bocah yang ikutin, tapi saya nggak berani. Malah justru 'tolong menjauh dari ular' karena takutnya nanti kelilit malah lebih bahaya," kata Wahyudin.

Wahyudin mengaku belum melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwenang. Tetapi, kata dia, ada petugas PPSU yang melaporkan penemuan ular ini ke Kelurahan Pegangsaan.

"Silakan kalau mau diambil. Kalau nggak mau diambil berarti saya pelihara, gitu aja," kata Wahyudin.

Tonton juga Video: Hiii... Ular Sanca Sepanjang 5 Meter Ditangkap di Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/dkp)