Viral Surat Ormas PP Tawarkan Paket Ucapan ke Walkot Cilegon Terpilih

M Iqbal - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 13:37 WIB
Helldy Agustian-Sanuji.
Foto: M Iqbal/detikcom
Cilegon -

Surat paket penawaran ucapan pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Cilegon terpilih, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta, berkop surat Pemuda Pancasila Cilegon viral di media sosial. Dalam surat tersebut, ada penawaran paket iklan, yakni Rp 10-20 juta.

Surat bernomor 01.A1/MPC-PP/CLG/ berbentuk surat permohonan yang ditujukan kepada industri yang ada di Kota Cilegon. Dalam surat itu, mereka mengaku menjadi panitia satu pintu ucapan selamat atas pelantikan Wali Kota terpilih.

Surat tu viral di media sosial dan sejumlah aplikasi perpesanan di beberapa kalangan di Kota Cilegon.

"Pada kesempatan ini kami Pemuda Pancasila Kota Cilegon menjadi panitia satu pintu ucapan selamat atas dilantiknya wali kota terpilih dalam bentuk spanduk atau banner dan akan dipasang di sepanjang jalan protokol Kota Cilegon," demikian bunyi surat berlogo Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Cilegon seperti dikutip detikcom, Rabu (10/2/2021).

Surat tersebut melampirkan paket ucapan dalam 4 kategori, yakni paket platinum senilai Rp 20 juta, paket gold Rp 15 juta, paket silver Rp 10 juta, dan paket smart Rp 5 juta.

"Maka dari itu kami panitia penyelenggara ucapan lantainya Wali Kota Cilegon mengajak seluruh perusahaan yang ada di Kota Cilegon untuk dapat bekerja sama dengan baik demi suksesnya acara pelantikan Wali Kota Cilegon menuju Cilegon baru modern dan bermartabat dan untuk konfirmasi keikutsertaan paling lambat 1 minggu setelah proposal ini diterima," bunyi surat tersebut.

Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Cilegon, Eka Wandoro Dahlan, tidak tahu-menahu adanya surat tersebut. Ia memerintahkan anggotanya untuk mencabut surat itu.

"Jadi proposal itu tuh tidak ada koordinasi sama kami di MPC, setelah kami tahu sudah memerintahkan untuk dicabut kembali, mungkin euforia anak-anak," kata Eka Wandoro Dahlan saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/2).

Surat pemuda pancasila soal tawaran paket ucapan ke Walkot Cilegon terpilih (Dok Istimewa)Surat pemuda pancasila soal tawaran paket ucapan ke Walkot Cilegon terpilih. (Foto: Istimewa)

Meski berkop MPC tingkat kota, Eka menduga itu disebarkan oleh pengurus PP tingkat ranting atau kecamatan. Pihaknya sudah memerintahkan untuk menarik proposal yang sudah beredar.

"Itu tingkat ranting kalau nggak salah, kita belum tahu (sudah menyebar ke mana saja), justru kita belum tahu. Nanti kita akan nanya sama yang bersangkutan dan diberikan teguran keras supaya itu ditarik kembali," kata dia.

Meski demikian, Eka menegaskan bahwa proposal itu tidak bersifat paksaan. Jika ada perusahaan yang ingin memberikan ucapan selamat dilantik maka bisa berkoordinasi anggota yang tertera dalam lampiran surat tersebut.

"Dan itu tidak ada sifatnya paksaan dalam surat itu, modelnya kan proposal, kalau mau silakan, kalau nggak mau ya tidak apa-apa gitu, nggak ada paksaan kan," ujarnya.

Untuk diketahui, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Cilegon dijabat oleh Wali Kota terpilih Helldy Agustian. Ormas PP di Cilegon saat Pilkada Serentak 2020 mendukung Helldy Agustian maju di Pilwalkot Cilegon.

(bal/isa)