Viral Petani di Sumut Panen Ubi Raksasa, Panjang Hampir 2 Meter-Berat 20 Kg

Perdana Ramadhan - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 12:38 WIB
Singkong raksasa di Batu Bara, Sumut (dok. Istimewa)
Singkong raksasa di Batu Bara, Sumut (Foto: dok. Istimewa)
Batu Bara -

Seorang petani di Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), kaget saat memanen singkong atau ubi raksasa di kebunnya. Singkong itu punya ukuran panjang hampir 2 meter dan berat 20,47 kg.

Penemuan ubi raksasa tersebut kemudian diunggah oleh akun Zuraida M Nor ke media sosial dan viral. Ubi tersebut dipanen oleh petani bernama Jais di Desa Dahari Selebar, Lima Puluh, Batu Bara.

"Teringin makan ubi kayu. Digali di depan rumah. Subhanallah terkejut melihat ubi sebesar ini," tulis akun Zuraida M Nor seperti dilihat detikcom, Rabu (10/2/2021).

Pemilik kebun, Jais, mengaku tak menyangka ada ubi sebesar itu tumbuh di kebunnya. Dia mengatakan ubi itu sudah ditanam sekitar 1 tahun.

"Ini dipanen kemarin (Selasa). Kepengin makan ubi goreng, jadi dicabutlah. Ini kan ubi roti," kata Jais.

Jais mengatakan curiga saat ubi tersebut tak bisa dicabut. Jais kemudian menggali tanah dengan tangan kosong.

Namun, karena ujung ubi tersebut tak kunjung terlihat, Jais memutuskan mengambil cangkul untuk menggali tanah di kebunnya agar ubi itu bisa dicabut. Setelah diangkat, Jais makin kaget karena ubi tersebut berukuran raksasa.

"Heran juga, kok makin digali makin besar ubinya. Sempat juga terpikir, ini ubi apa bukan," ujarnya.

Dia mengaku meminta bantuan rekannya untuk mengangkat ubi tersebut dari tanah. Setelah dibawa ke rumah, ubi raksasa itu menjadi tontonan warga.

"Beratnya pas ditimbang 20,47 kilogram. Niat awal untuk memasaknya nggak jadi, kami simpan dulu karena jarang ada ubi begini," katanya.

(haf/haf)