Ular Besar di Pintu Air Petamburan Belum Ditemukan, Petugas Jaga-jaga

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 10:32 WIB
Petugas Masih Cari Ular Besar yang Muncul di Pintu Air Petamburan
Petugas masih mencari ular besar yang sempat muncul di Pintu Air Petambura. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Seekor ular sanca besar muncul di Pintu Air Petambura, Jakarta Pusat, kemarin. Hingga saat ini, petugas masih memantau kemunculan ular sepanjang 7 meter tersebut.

"Sampai sekarang sih belum kelihatan lagi ularnya. Kia langsung monitor aja di sini cuma buat jaga-jaga aja," ujar Kepala Regu Pos Petamburan Edy Purwanto saat ditemui di Pintu Air Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021).

Edy menduga ular tersebut bukan peliharaan dari warga sekitar, melainkan dari arus kali yang sempat naik. Untuk diketahui debit air di Pintu Air Petamburan sempat naik pada Selasa (9/2) kemarin.

"Iya arus naik ini kemudian mungkin laper dia keluar, kan dia bisa keluar nyari kayak ayam, bebek begitu. Biasanya kalau udah kenyang sih masuk lagi gitu. Sampai sekarang sih belum keliatan lagi ulernya," kata Edy.

"Itu ya ular hanyut saja karena kemarin kondisi air lagi tinggi, hanyut dari mana asalnya juga nggak tahu," lanjutnya.

Kemudian, dia menyebutkan bahwa berdasarkan video yang tersebar di media sosial, ular ini berjenis sanca dan kemungkinan berukuran sepanjang 7 meter.

"Ular sanca, ada sekitaran 7 meter," sebutnya.

Di halaman selanjutnya, ular hingga biawak sering muncul saat musim hujan.

Ular sanca itu masuk ke lubang-lubang yang ada di sekitar Pintu Air Petamburan. Dia cukup khawatir jika ular tersebut naik ke jalan dan masuk ke permukiman warga sekitar.

"Yang kita takutin ya kalau ularnya naik, warganya banyak juga kan yang penting jangan sampe naik, ini juga kan habitatnya. Kecuali kalau udah di atas kan mengerikan. Kalau jalan-jalan di sini (sekitar kali) paling juga kita cuma liatin, kecuali kalau sudah makan korban baru panik," jelas Edy.

Satria, salah satu warga sekitar pun membenarkan bahwa ular sanca tersebut masuk ke lubang yang ada di sekitar lokasi. Diketahui memang sering ditemui binatang, seperti ular, biawak, dan buaya, di sekitar lokasi jika musim hujan sudah tiba.

"Kalau lagi musim hujan doang, kalau banjir pasti keluar," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, ada sebuah video menampilkan kemunculan seekor ular berukuran besar di Pintu Air Petamburan. Petugas dari Damkar Jakpus sempat diturunkan untuk mencari ular itu namun tidak ditemukan.

"Petugas kami sudah melakukan pengecekan, namun saat ini belum ditemukan," kata Asril saat dihubungi, Selasa (9/2).

Asril menyebutkan, tiga anggotanya telah melakukan pengecekan di lokasi hingga sore hari tadi. Namun petugas belum menemukan jejak ular sanca itu

(mea/mea)