Pemprov Kepri Mau Buka Akses Wisman Mulai Maret, Terutama di Bintan

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 10:01 WIB
Pantai Trikora di Bintan
Ilustrasi Pulau Bintan (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Kepri -

Pemprov Kepulauan Riau (Kepri) berencana membuka akses bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung pada Maret 2021. Pembukaan pintu bagi wisatawan asing bakal dilakukan untuk memulihkan sektor pariwisata yang terdampak pandemi Corona atau COVID-19.

"Kita sedang usahakan (Maret ini dibuka). Terutama di Pulau Bintan, khususnya di Lagoi," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/2/2021).

Buralimar mengatakan pembukaan akses wisatawan asing ke Bintan bakal dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Dia berharap kasus positif Corona di Kepri terus menurun agar uji coba pembukaan pintu bagi wisatawan asing segera dilakukan.

"Dari segi protokol kesehatan (Bintan) lebih siap. Mudahan-mudahan angka COVID-19 menurun karena ini uji coba dulu di Lagoi," katanya.

Pembukaan akses untuk wisatawan asing, kata dia, sudah disampaikan kepada pihak manajemen Lagoi. Dia mengatakan ada target kunjungan 2,6 juta wisatawan asing pada 2021.

"Kita sudah ada pembicaraan pihak spore dengan manajemen Lagoi. Tentunya kebijakan antara negara," katanya.

Buralimar menyebut jumlah kunjungan wisatawan asing pada 2020 menurun hingga 85% jika dibanding tahun sebelumnya. Pemprov Kepri, katanya, telah mengajukan agar Kepri menjadi tuan rumah event wisata.

"Tahun 2020 (kunjungan wisman merosot) sebesar 85%. Kita sudah minta ke pak Menteri Parekraf untuk bikin event-event nasional dan internasional di Kepri, seperti ASEAN Jazz Festival, maraton dunia dan seperti di Lagoi ada beberapa event internasional," katanya.

Simak juga video 'Jumlah Kunjungan Wisman Menurun Sampai 70,57 Persen':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)