Dalangi Pembobolan Rumah Kos, Pecatan Brimob di Sumsel Ditangkap

Prima Syahbana - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 08:30 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi Kriminal (Agung Pambudhy/detikcom)
Palembang -

Seorang pecatan Brimob, Raden Aprianto (36), di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ditangkap polisi. Ia ditangkap Jatanras Polda Sumsel karena menjadi dalang pembobolan rumah kos.

"Benar anggota telah menangkap seorang pecatan Brimob yang menjadi dalang pembobolan rumah kos bersama satu rekannya," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi kepada detikcom, Selasa (9/2/2021).

Tersangka Aprianto warga Ilir Timur II, Palembang, itu ditangkap setelah melancarkan aksi bobol rumah kost bersama rekannya, Salam (48), warga Kertapati, Palembang. Kedua pelaku melakukan pencurian di rumah kos milik korban Teti (39) di Jalan Angkatan 45, Ilir Barat I, Palembang, Kamis, 4 Januari 2021.

"Dengan bermodalkan sebuah linggis, pecatan Brimob ini mengajak temannya, Salam, untuk membobol rumah kos milik korban dengan cara merusak pagar, merusak pintu, dan masuk ke dalam rumah yang sedang tidak berpenghuni. Tersangka mengambil barang berharga milik korban seperti elektronik," terang Suryadi.

Dari laporan korban, kata Suryadi, anggota Unit 1 Jatanras langsung melakukan penyelidikan. Setelah mendapat informasi keberadaan pelaku, pada kemarin malam, kedua pelaku ditangkap tanpa perlawanan di kediaman masing-masing.

"Berdasarkan rekaman CCTV, anggota kita yang dipimpin Kanit Kompol Antoni Adhi dan Katim Opsnal Aiptu Heri Kusuma Jaya menangkap pelaku di kediamannya masing-masing tanpa perlawanan. Untuk pecatan Brimob ini sekarang statusnya pengangguran, mangkanya dia nekat mengajak rekannya untuk membobol rumah kos milik korban," tambahnya.

Suryadi mengungkapkan, selain membobol rumah kos, pada Januari 2021 tersangka diduga pernah melakukan aksi penggelapan sepeda motor di kawasan Ilir Timur I, Palembang.

"Dari informasi yang kita dapatkan diduga tersangka juga pernah terlibat kasus penggelapan sepeda motor. LP nya di Polsekta Ilir Timur I Polrestabes Palembang. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pihak polsek," jelas Suryadi.

Selain menangkap kedua tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 1 unit TV dan sehelai baju. Kedua pelaku saat ini ditahan di Mapolda Sumsel.

"Atas perbuatannya, kedua pelaku kini ditahan di Mapolda guna pemeriksaan lebih lanjut dan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan," tutup Suryadi.

Simak juga video 'Buruh Bangunan Curi Emas 200 Gram dari Rumah Mewah':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)