Round-Up

Ramai-ramai Tepis Isu Reshuffle Kabinet Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 07:07 WIB
Ilustrasi Reshuffle Kabinet Jokowi
Foto: Ilustrasi rehuffle kabinet Jokowi (Ilustrator Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) jilid II yang diembuskan Relawan Jokowi Mania (JoMan) ditepis sejumlah pihak, termasuk pihak Istana. Adalah Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman yang menangkis isu tersebut.

Isu reshuffle jilid II awalnya disebarkan oleh Ketua JoMan Immanuel Ebenezer. Setidaknya, menurut isu yang berembus, ada 1 sampai 3 menteri yang bakal di-reshuffle.

"Reshuffle jilid 2. Katanya sih dekat-dekat ini," kata Noel kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Isu perombakan kabinet ini mulanya juga diperkuat oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza. Namun, perihal waktu reshuffle-nya berbeda antara Noel dengan Faisol.

"Tidak dalam waktu dekat. Tapi ada catatan," tutur Faisol kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Sejumlah nama pun dikaitkan bakal jadi korban. Namun, masyarakat diminta menunggu keputusan Presiden Jokowi.

"Ha-ha-ha... nanti saja kalau sudah lebih terang," ucap Faisol sambil tertawa.

Pada hari yang sama isu reshuffle ini berembus, Pihak Istana langsung menangkisnya. Fadjroel menegaskan tidak ada perombakan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Tidak ada rencana reshuffle," tegas Fadjroel.

Tidak hanya Fadjroel yang menangkis isu reshuffle jilid II ini. Waketum PPP Arsul Sani juga menepisnya.

Arsul meminta tidak ada pihak yang mengembangkan isu reshuffle. Tapi keyakinan jika Presiden Jokowi mengkehendaki, reshuffle jilid II bukan hal mustahil untuk dilakukan tetap ada.

"PPP mengajak semua pihak sebaiknya tidak usah mengembangkan isu reshuffle jilid II. Itu hal yang kalau Presiden Jokowi memandang perlu, akan dilakukan pada waktunya, dan sebaliknya kalau dipandang belum saatnya atau tidak perlu, maka ya tidak akan dilakukan," kata Waketum PPP, Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (3/2).

Di satu sisi, Arsul tak menampik isu ada 1 sampai 3 menteri yang akan di-reshuffle. Namun, menurutnya, belum ada sinyal dari Jokowi terkait reshuffle jilid II.

"Saat ini beredar 1-3 menteri atau anggota kabinet yang namanya disebut-sebut akan di-reshuffle, padahal dalam pertemuan dengan kami eks TKN ataupun komunikasi dengan pimpinan parpol, Presiden belum kasih indikasi apapun," sebut Arsul.

Lantas, siapa saja yang diisukan bakal di-reshuffle? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2