Kapolri-Menpora Bertemu Bahas Pembukaan Kegiatan Kepemudaan-Olahraga

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 15:26 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali bertemu membahas pembukaan kembali kegiatan kepemudaan dan olahraga, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/2/2021).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali bertemu membahas pembukaan kembali kegiatan kepemudaan dan olahraga. (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bertemu di Mabes Polri hari ini. Keduanya membahas pembukaan kembali kegiatan kepemudaan dan olahraga di Indonesia.

"Salam olahraga. Pada siang hari ini saya berkunjung ke Mabes Polri dalam rangka bersilaturahim dengan Pak Sigit sebagai Kapolri baru. Yang kedua kita juga menyampaikan atau menginformasikan ke beliau tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tugas dan pokok Kementerian Pemuda dan Olahraga, baik itu kegiatan-kegiatan kepemudaan yang akan kita hadapi ke depan dan juga kegiatan keolahragaan," ujar Menpora Zainudin dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (8/2/2021).

Zainudin mengatakan segala kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Polri. Meski demikian, Zainudin tetap mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia.

"Bagaimanapun kegiatan-kegiatan itu tetap harus kami komunikasikan dan koordinasikan dengan pihak Mabes Polri, karena sekarang kita sadari bahwa situasi kita masih posisi mengatasi pandemi COVID-19. Situasi kita bukan normal, dan pemerintah sudah menetapkan pemberlakuan PPKM skala mikro. Di dalam berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," terangnya.

Bagaimanapun juga, lanjut Zainudin Amali, kegiatan olahraga dan kepemudaan tidak boleh dilupakan. Maka dari itu, dia bertemu dengan Kapolri Sigit untuk mencari jalan keluar terbaik.

"Namun demikian, kita juga tidak lupakan kegiatan masyarakat, khususnya di tempat kami kegiatan pemudaan dan olahraga. Maka saya sampaikan ke Pak Kapolri untuk cari jalan keluar yang terbaik. Penerapan prokes secara disiplin dan ketat. Tetapi kegiatan masyarakat, khususnya di bidang pemuda dan olahraga itu, tetap bisa berjalan. Nah ini yang kami infokan. Salah satu yang kita sepakati tadi setelah ini kami ada pertemuan lanjutan, akan lebih detail, lebih teknis lagi untuk membicarakan berbagai hal, khususnya kegiatan-kegiatan keolahragaan," tutur Zainudin.

Di lain sisi, Sigit menyambut baik permintaan Menpora Zainudin untuk membahas lebih lanjut perihal kegiatan keolahragaan dan kepemudaan.

"Oleh karena itu, kami tadi sudah berdiskusi dan kemudian tentunya kami dari kepolisian membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan, baik yang bersifat administrasi, mengutamakan penegakan aturan terkait dengan protokol kesehatan. Namun demikian juga, kegiatan yang terkait dengan kepemudaan dan olahraga bisa dilaksanakan," kata Sigit.

"Tentunya perlu ada kesepakatan-kesepakatan, kesepakatan yang apabila kemudian itu dilanggar itu akan berdampak kepada terlaksananya kegiatan tersebut. Ini yang nanti tentunya akan kita bicarakan secara detil dan intensif sehingga yang pertama bagaimana pemerintah betul-betul bisa melaksanakan program menurunkan laju pertumbuhan COVID-19 ini bisa berhasil sehingga aktivitas dan pertumbuhan ekonomi cepat pulih," sambungnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji pihaknya akan menginformasikan lebih lanjut soal kelanjutan kegiatan keolahragaan ini. Dia merasa kegiatan seperti itu juga perlu dilaksanakan.

"Di sisi lain ada kegiatan-kegiatan kepemudaan kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan olahraga yang tentunya itu harus juga bisa dilaksanakan. Namun dengan tetap memperhatikan bagaimana disiplin terkait dengan protokol kesehatan ini bisa berjalan. Jadi itu tentunya yang ke depan kita akan laksanakan dan nanti akan diinformasikan lebih lanjut bagaimana aturan mainnya," tandas Sigit.

Simak selengkapnya di di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2