Anggota DPR Retweet Viral Pengemudi Punya 'CCTV' Tak Jadi Ditilang di Tol

Matius Alfons, Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 14:33 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) e-Tilang Diuji Oktober 2018 (Edi Wahyono/detikcom)
Ilustrasi e-Tilang Diuji (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video yang menunjukkan pengemudi mobil tak jadi ditilang polisi lalu lintas karena memiliki 'CCTV' viral. Video ini mendapat sorotan dari anggota Dewan di Senayan.

Adalah anggota Komisi III DPR, Arsul Sani, yang menyoroti video tersebut. Dia me-retweet video viral pengemudi tak jadi ditilang karena punya 'CCTV' itu.

Dilihat detikcom, Senin (8/2/2021), pukul 13.30 WIB, video di Twitter itu sudah ditonton 286 ribu kali. Video viral ini diambil dari dash cam si pengemudi. Awalnya, pengendara itu diminta menepi seorang polisi di ruas jalan tol. Belum diketahui pasti di mana peristiwa ini terjadi.

Setelah pengemudi diminta menepi, salah seorang polisi menyebutkan ada pelanggaran marka jalan. Si pengemudi menepis sangkaan polisi lalu lintas itu dengan menyebut dia punya 'CCTV' atau dalam hal ini dash cam.

"Saya nggak melanggar loh, Pak, saya lihat belum garis segitiga itu," kata pengendara mobil.

"Di sini kelihatan jelas, Pak, Bapak yang mengendarai," timpal seorang polisi.

"Ini, Pak, saya ada CCTV di sini. Saya lihat di sini ada," ucap pengedara mobil.

Polisi itu kemudian menanyakan tujuan si pengemudi mobil. Setelahnya, polisi mempersilakan pengemudi itu melanjutkan perjalanan dan tidak ada tilang menilang.

"Begini Pak, saya kan lebih ini lagi... mau ke mana memangnya?" ujar polisi itu.

"Ya sudah jalan," imbuhnya.

Arsul Sani yang menyoroti video itu menyinggung soal konsep 'Presisi', yang menjadi makalah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia berharap polisi bisa berbenah ke depannya.

"Selamat pagi, Pak Kakorlantas @NTMCLantasPolri. Video viral ini tunjukkan polantas kita msh jauh dr "presisi" spt janji Pak Kapolri di Kom III @DPR_RI. Hayo, Pak Kakorlantas agar dibenahi spy tdk jadi bahan gunjingan netizen. Selamat berkerja.... @DivHumas_Polri @TMCPoldaMetro," kata Arsul Sani di akun Twitter, @arsul_sani. Arsul mengizinkan cuitannya dikutip.

Simak juga video 'Tilang Elektronik Mulai Maret, Polda Metro Siapkan Kamera-kamera Andal':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)