ADVERTISEMENT

Banjir di Rawajati, Kodim Jaksel Siapkan 2 Tenda Tampung Pengungsi Rentan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 13:20 WIB
Dandim 0504, Kolonel Ucu Yustiana tinjau banjir Rawajati Jaksel (Foto: Kadek/detikcom)
Foto: Dandim 0504, Kolonel Ucu Yustiana tinjau banjir Rawajati Jaksel (Foto: Kadek/detikcom)
Jakarta -

Banjir di kawasan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel), masih belum surut. Pihak Kodim 0504/Jaksel menyiapkan dua buah tenda sebagai posko yang diprioritaskan untuk para pengungsi rentan.

"Rencana untuk tenda di lapangan bulutangkis RW 03. Tadi kami sudah minta, mungkin sekitar dua tenda dulu kalau misalnya kurang kami akan minta kembali ke Kodam untuk ditambah kapasitasnya, tenda serbaguna tenda peleton. Sebenarnya tenda untuk pengungsi, cuman kita prioritaskan untuk kelompok rentan," kata Dandim 0504, Kolonel Ucu Yustiana di Rawajati RW 07, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021).

Ucu menuturkan pihaknya sudah mengantisipasi adanya bencana banjir dengan memantau pergerakan air dari hulu serta menyiapkan posko bersama Pemkot setempat. Namun hingga saat ini sebagian warga masih ada yang memilih untuk tetap berada di lantai atas rumah mereka.

"Kami dari TNI sebenarnya sudah menyiapkan dari awal untuk antisipasi adanya bencana banjir ini. Kita sudah siapkan posko dengan bapak Walkot dengan Kapolres kemudian anggota sudah bergerak dari kemarin memantau pergerakan ketinggian air ini dan kami sudah menyiapkan tenda apabila memang dirasa para warga mau untuk mengungsi jika sudah siap. Cuman sekarang permaslahannya warga yang mempunyai rumah yang atas lantai rata-rata belum mau untuk diungsikan masih mau bertahan. Mereka memang sudah prepare siap untuk menghadapi banjir ini," tuturnya.

Ucu menyampaikan pihaknya akan mendistribusikan logistik ke lokasi. Selain logistik, perahu hingga ban karet juga akan disiapkan untuk menunjang proses evakuasi warga.

"Siang ini kita mulai dorong untuk logistik terutama untuk para relawan yang ada di sini yang setiap hari bekerja mengimbau mereka untuk melaksanakan pengungsian," ujarnya.

"Kita siapkan perahu-perahu kan ada dari BNPB, Damkar kemudian kita juga ada karena punya Kodim agak besar tidak bisa masuk ke wilayah ini, kita siapkan ban besar bagaimana mengimbau mereka supaya apabila air mulai tinggi mereka siap diungsikan dan kita sudah mulai dirikan tenda pengungsian," lanjutnya.

Kodim Jaksel juga membagikan masker untuk pengungsi. Simak di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT