Satu Orang Tewas, Begini Kronologi 2 Harimau Sinka Zoo Lepas dari Kandang

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 14:58 WIB
Suasana pencarian harimau lepas di Sinka Zoo Singkawang Kalbar (Adi Saputro/detikcom)
Suasana pencarian harimau lepas di Sinka Zoo, Singkawang, Kalbar (Adi Saputro/detikcom)
Jakarta -

Dua ekor harimau di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), lepas dari kandang. Kini satu ekor harimau telah dilumpuhkan hingga mati dan petugas gabungan masih mencari satu ekor harimau lainnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan laporan yang diberikan Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor. Sadtata menjelaskan dugaan penyebab dua harimau lepas dari kandang hingga soal penanganan terkini.

Peristiwa lepasnya harimau ini menyebabkan seorang penjaga (keeper) kuda tewas. Diduga keeper tersebut diserang harimau.

"Keeper atas nama Agus melihat jasad atas nama Fery Hermawan (keeper kuda) yang diduga tewas akibat serangan binatang buas di dekat kandang harimau," kata Sadtata dalam keterangannya, Sabtu (6/2/2021).

Kedua karnivora itu kabur lewat lubang di kandang yang muncul akibat terjadinya longsor.

"Keluarnya harimau dari kandang ini diduga akibat hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir yang mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut menyebabkan lubang yang cukup besar di kandang harimau, yang kemudian digunakan untuk kedua ekor harimau ini kabur," kata Menteri Siti.

Berikut kronologi lepasnya dua harimau di Sinka Zoo:

Jumat, 5 Februari 2021

Pukul 13.00 WIB

Keeper bernama Agus mengeluarkan harimau Benggala bernama Toto dan Eka untuk bermain di kolam. Kolam ini terletak di belakang kandang harimau dan masih berpagar. Kegiatan ini merupakan kebiasaan dalam perawatan.

Namun, setelah mengeluarkan harimau dari kandang, Agus pergi. Dia lalu meminta rekannya menjaga kedua harimau yang berada di kolam itu. Tidak dijelaskan lebih rinci ke mana Agus pergi dan untuk keperluan apa.

Agus meminta tolong rekannya untuk mengawasi dan menjaga kedua harimau itu lewat WhatsApp. Namun Agus tidak memastikan apakah rekan yang dimintai tolong tersebut menjalankan permintaannya untuk berjaga atau tidak.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2