detikcom Do Your Magic

Menantikan #ParkiruntukSepeda di Stasiun KRL: Yang Penting Aman-Nyaman

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 21:20 WIB
Tempat parkir sepeda tersebut gratis
Gambar ilustrasi (Lamhot Aritonang/detikcom)

Direktur Asia Tenggara Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Faela Sufa, menyarankan agar parkir sepeda diprioritaskan untuk stasiun-stasiun KRL yang menjadi pusat keberangkatan lebih dahulu. Istilahnya, stasiun-stasiun itu adalah 'first mile'. Adapun stasiun yang menjadi tujuan, biasanya di pusat kota Jakarta, disebut sebagai 'last mile'.

"Perlu disediakan tempat parkir sepeda di stasiun-stasiun first mile untuk mendorong orang-orang menggunakan sepeda," kata Direktur Asia Tenggara Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Faela Sufa, menuturkan kepada detikcom, Senin (1/2) kemarin.

Sebelumnya diberitakan, para pesepeda di stasiun-stasiun KRL berharap ada parkir sepeda yang baik. PT KAI mendengar harapan para pegowes. Rencana pengadaan parkir sepeda sudah dikantongi PT KAI.

"Terkait fasilitas parkir sepeda kedepannya akan diupayakan untuk difasilitasi, tentunya dengan mengutamakan aspek keamanannya juga," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, kepada detikcom, Selasa (26/1) lalu.

Anak perusahaan PT KAI yang mengurusi (salah satunya) soal parkir di stasiun, yakni PT Reska Multi Usaha mendengar suara pegowes dan mengupayakan penyediaan parkir sepeda.

"Kami dari Pihak PT Reska Multi Usaha akan berkoordinasi untuk mengupayakan tersedianya lahan parkir khusus sepeda bagi pelanggan commuter di beberapa stasiun KRL," kata Manajer Marketing Communication and Event Organizer PT Reska Multi Usaha, Decil Christianto, kepada detikcom, Rabu (27/1) lalu.

Halaman

(dnu/dnu)