Viral Foto Penumpang Berdesakan di Gerbong KRL, Ini Penjelasan KCI

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 18:23 WIB
Foto viral penumpang KRL berdesakan di salah satu gerbong (dok Istimewa)
Foto viral penumpang KRL berdesakan di salah satu gerbong (dok Istimewa)
Jakarta -

Foto yang menampilkan penumpang berdesakan dalam gerbong KRL viral di media sosial. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan penjelasan soal foto viral tersebut.

Seperti dilihat detikcom, pada Jumat (5/2/2021), foto itu diunggah oleh Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban di akun Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi, pagi tadi. Dalam foto itu terlihat sejumlah penumpang KRL berdesak-desakan dalam satu gerbong. Tidak ada jarak antara satu penumpang dan penumpang yang lain.

Meski demikian, para penumpang dalam foto itu terlihat tetap memakai masker. Zubairi menyebut foto itu didapat dari sahabatnya pada Kamis (4/2/2021).

"Terlihat, bagaimana kondisi di dalam kereta listrik (KRL) commuterline. Ini foto kiriman sahabat saya pada jam 17.45 Kamis kemarin (4/2/2021). Memang, menavigasi transportasi umum kala pandemi sesuatu yang sulit. Semoga akan muncul kesadaran untuk perbaikan," tulis Zubairi dalam akun Twitter pribadinya.

Terkait foto itu, PT KCI memberikan penjelasan. PT KCI menyebut kondisi penumpang yang berdesak-desak seperti dalam foto yang viral itu hanya terjadi di satu gerbong saja.

"Kalau teman-teman ada melihat foto antrean atau kereta yang agak padat itu bisa saja hanya terjadi di gerbong itu saja tapi di gerbong lain sepi. Kemudian tidak di semua KRL juga mungkin hanya satu," ujar kata VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba.

Sebab, Anne menjelaskan selama masa pandemi COVID-19, jumlah penumpang KRL menurun drastis. Ia menyebut 75 persen KRL kosong.

"Dapat saya sampaikan seperti tadi KRL kami kosong 75 persen sepi pengguna. Paling tinggi selama PPKM ini 370 ribu penumpang, November itu sempat di atas 450 ribu tetapi setelah Januari sejak ada PPKM ini maksimal 370 ribu," sebutnya.

Meski demikian, PT KCI tetap melakukan langkah antisipasi untuk mengurangi kepadatan penumpang selama masa pandemi. Ia menyebut PT KCI akan menambah jumlah perjalanan KRL pada 2021.

"Saat ini walau penumpang hanya 35 persen dari biasanya kami sudah menambah perjalanan hingga 964 perjalanan dan per tanggal 10 (Februari 2021) menjadi 984 agar bisa tetap jaga jarak. Aplikasi KRL Access kami update agar masyarakat bisa merencanakan perjalanan," tuturnya.

(ibh/isa)