Momen Jokowi dan PM Malaysia Salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 14:30 WIB
Presiden Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin melaksanakan ibadah salat Jumat. Salat Jumat itu dilangsungkan di Masjid Baiturrahim, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (5/2/2021), Jokowi dan Muhyiddin tampak tetap mengenakan masker dan menerapkan sejumlah protokol kesehatan, baik sebelum memasuki area masjid maupun saat berada di dalamnya.

Salat Jumat ini dilakukan setelah Jokowi dan Muhyiddin menyampaikan pernyataan bersama pascapertemuan di Istana Merdeka. Salat Jumat dilaksanakan dengan menjaga jarak, merenggangkan saf, mengenakan masker, dan sejumlah protokol lain yang telah ditetapkan.

Bertindak sebagai imam salat Jumat adalah Dr Muhammad Ramli MA. Sementara itu, imam besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar bertindak selaku khatib dan membawakan khotbah dengan tema 'Urgensi Vaksinasi dalam Pandangan Islam'.

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam khotbahnya, Nasaruddin menyampaikan bahwa vaksinasi merupakan bagian dari upaya untuk mencegah menularnya penyakit, khususnya COVID-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara lain. Nasaruddin mengatakan umat Islam wajib berikhtiar untuk menghindarkan diri dari musibah dan kemudaratan bagi diri dan sesama.

"Vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar untuk mencapai kesembuhan atau mencegah penularan penyakit. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk berobat ketika menderita sakit apa pun karena, kata Rasulullah SAW, setiap penyakit pasti ada obatnya kecuali kematian," tutur Nasaruddin.

Nasaruddin juga mengajak seluruh pihak mematuhi protokol kesehatan agar dapat melindungi diri dan sesama dari penularan COVID-19.

Untuk diketahui, selepas salat Jumat, rangkaian penyambutan resmi kedatangan PM Malaysia ini akan diakhiri dengan jamuan santap siang di Istana Negara, Jakarta. Selain rendang, sajian santap siang yang disajikan untuk Muhyiddin di antaranya soto Padang, Gulai Paku Ubi Tumbuk, Ayam Kalio, Dendeng Batokok, dan Gulai Ikan Kerapu.

Muhyiddin Yassin nantinya akan langsung kembali menuju Malaysia pada sore harinya.

(mae/imk)