Masuk '21 Heroes 2021' Bareng Elon Musk, Apa Gebrakan Anies?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 12:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi flyover Tapal Kuda di Jakarta Selatan. Kedatangannya untuk meninjau flyover yang sudah mulai diuji coba tersebut
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Pembuatan Jalur Sepeda

TUMI memantau program Anies soal pembangunan jalur sepeda. Anies dalam kinerja di bidang transportasi memang memiliki target 63 kilometer jalur untuk sepeda di Jakarta. Ada tiga fase pembuatan dan uji coba jalur sepeda di Jakarta.

Fase pertama adalah Rawamangun-Jalan Medan Merdeka Selatan. Pemprov ingin menambah jalur-jalur sepeda pada tahun-tahun mendatang. Ditargetkan, Jakarta memiliki 500 km jalur sepeda,

Berikut tiga fase uji coba jalan sepeda di DKI Jakarta pada tahun ini.

- Fase pertama sepanjang 25 kilometer diuji coba mulai hari ini sampai 19 November 2019.

Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda.

- Fase kedua sepanjang 23 kilometer akan diuji coba pada 12 Oktober-19 November 2019.

Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati.

- Fase ketiga sepanjang 12 km, diuji coba pada 2-19 November 2019.

Jalan Tomang Raya - Jalan Cideng Timur - Jalan Kebon Sirih - Jalan Matraman Raya - Jalan Jatinegara Barat - Jalan Jatinegara Timur.

Anies menjelaskan selama ini sepeda dipandang sebagai alat olahraga. Namun pandangan itu harus diubah, di mana sepeda harus dipandang sebagai alat transportasi.

"Selama ini mayoritas memandang sepeda sebagai alat olahraga, sport, harus diubah jadi transpor. Nah, ini yang sedang kita kerjakan, dengan adanya infrastruktur itu, harapannya pengemudi sepeda merasa lebih nyaman kalau ada di jalan menggunakan sepeda-sepeda transpor," ungkap Anies di Menara Rajawali, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).