Ini Fasilitas Asrama Haji Bekasi yang Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 11:35 WIB
Wagub Jabar Uu tinjau kesiapan tempat isolasi pasien COVID-19 Asrama Haji Bekasi
Wagub Jabar Uu meninjau kesiapan tempat isolasi pasien COVID-19 Asrama Haji Bekasi. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau Asrama Embarkasi Haji Kota Bekasi di Jalan Kemakmuran, Marga Jaya, Kota Bekasi. Lokasi itu bakal digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19 di Bekasi.

"Saya ditugasi oleh Pak Gubernur untuk meninjau kesiapan Asrama Haji, dijadikan tempat isolasi mereka yang terpapar Corona. Melihat tempat ini sangat representatif sekali," ujar Uu saat ditemui di lokasi, Kamis (4/2/2021).

Setiap kamar nantinya akan digunakan oleh dua pasien. Menurutnya, ada sejumlah fasilitas yang tersedia di dalam kamar.

"Satu kamar dua orang, tempat tidur juga pakai spring bed. Kemudian ada partisannya, ada WC yang sangat luar biasa, ventilasi juga bagus. Artinya, saya menyatakan ini sangat layak untuk dipakai," ucapnya.

Asrama Haji Bekasi dapat menampung 210 pasien COVID-19. Total ada 105 kamar yang dapat digunakan.

"(Kapasitas) 210 (pasien) dari 105 kamar," katanya.

Selain untuk pasien, Asrama Haji menyediakan tempat penginapan bagi para tenaga kesehatan. "Di sini juga disediakan tempat istirahat para nakes di Gedung Muzdalifah, jadi nakes nggak usah bolak-balik ke rumahnya, disediakan di sini," ujar Uu.

Uu mengatakan Asrama Haji Bekasi sudah bisa digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Namun pihaknya masih menunggu keputusan dari Dinkes Jawa Barat terkait penggunaannya.

"Asrama Haji pada prinsipnya kapan pun sudah siap, tergantung nanti tim dari nakes, kemudian kalau memang diputuskan oleh nakes kapan, ya kita 24 jam sudah siap," imbuhnya.

(man/man)