Menhub Lantik Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi Jadi Kepala Basarnas

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 11:29 WIB
Menhub lantik Marsda Henri Alfiandi sebagai Kabasarnas
Menhub melantik Marsda Henri Alfiandi sebagai Kabasarnas. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik Marsda TNI Henri Alfiandi menjadi Kepala Basarnas. Jabatan Kepala Basarnas (Kabasarnas) sebelumnya diisi oleh Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Pelantikan digelar di ruang Mataram Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Para hadirin dan awak media yang hadir dites swab antigen terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan.

"Suatu kelaziman dalam organisasi itu ada regenerasi. Saya secara pribadi dan secara organisasi memberikan apresiasi yang tinggi dan bangga kepada Pak Bagus yang sudah memberikan dedikasi pada organisasi, di mana tugas-tugas berat yang diemban oleh Basarnas sudah dilakukan dengan baik," kata Budi.

Budi menuturkan, dalam melaksanakan tugas, Basarnas dibantu beberapa stakeholder lain, seperti TNI dan Polri. Budi mengatakan selama ini Basarnas mendapat atensi dan apresiasi tinggi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penanganan-penanganan bencana yang terjadi di Indonesia.

"Tugas ini bukan hanya Basarnas sendiri, tetapi Basarnas harus mengkoordinasikan stakeholder, baik itu TNI-Polri maupun semua unsur masyarakat. Apa yang dilakukan memberikan suatu hasil yang baik dan mendapatkan apresiasi sampai Pak Presiden juga memberi apresiasi," tuturnya.

"Saya pikir hasil kerja yang bagus menjadi modal, bukan hanya bagi Basarnas, tapi juga bagi bangsa Indonesia bahwa kerja keras itu tanpa pamrih dengan bangga tanpa harus minta pujian orang lain. Itu sudah diberikan Pak Bagus pada institusi Basarnas dan stakeholder lainnya," sambungnya.

Menhub Budi Karya menyampaikan banyak tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh Basarnas. Hal itu mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memungkinkan rentan terjadi bencana.

"Perlu diingat, Indonesia ini penuh tantangan, kita di atas ring of fire. Kita negara kepulauan, sehingga kemungkinan-kemungkinan adanya bencana kecelakaan itu ada walau kita tidak ingin itu terjadi. Karena itu, saya berharap apa yang sudah dilakukan Pak Bagus insyaallah bisa dilakukan Pak Henri," ujarnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan perlu ada dukungan yang diberikan kepada Basarnas, salah satunya dengan memberikan sarana dan prasarana yang baik. Sebab, tugas Basarnas ke depan, kata Budi, tidaklah mudah.

"Satu tugas yang tidak mudah, tidak ringan, dan ini penting diberi support, diberikan payung, sarana, dan berkoordinasi dengan baik. Saya yakin ke depan Basarnas akan baik dan lebih baik lagi, karena tantangan ke depan dan harapan kita suatu bangsa untuk menuju Indonesia emas 2045 ditunjukkan dengan segala langkah kita, termasuk langkah-langkah menangani hal-hal yang berkaitan melayani rakyat banyak," imbuhnya.

"Karena itu, saya memberikan apresiasi baik kepada Pak Bagus maupun Pak Henri untuk bersama Kemenhub, mari melayani masyarakat karena tugas bangsa ini banyak dan ibsyaallah bisa membuat Indonesia makin hebat dan maju," tandasnya.

Tonton juga 'Pelantikan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)