Round-Up

DKI Berbenah Saat Flyover Tapal Kuda Malah Dipakai Lawan Arah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 07:42 WIB
Atap rumah warga di sekitar Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung sedang ramai diperbincangkan. Lalu, kapan diresmikannya? Padahal targetnya akhir tahun 2020 lalu lho.
Foto: Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pemotor dilaporkan lawan arah saat uji coba flyover tapal kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung. Tak diam diri, Pemprov DKI Jakarta berbenah diri.

Laporan adanya pemotor lawan arah disampaikan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Budi Setiawan. Budi menyebut selama uji coba flyover tapal kuda menerima laporan ada pelanggar lalu lintas.

"Ada beberapa kendaraan roda 2 menurut laporan yang ditemukan melawan arus," kata Budi kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Uji coba flyover tapal kuda sendiri sudah berakhir. Uji coba dimulai selama tiga hari, mulai Minggu (31/1) kemarin pukul 08.00-21.00 WIB. Lalu Senin (1/2) dan Selasa (2/2) diberlakukan pukul 06.00-21.00 WIB.

Dishub saat ini menunggu hasil evaluasi. Pada uji coba kemarin, Budi menuturkan ada empat personel Dishub dari Sudin Jaksel yang dikerahkan. Personel itu turun di jam-jam sibuk.

Untuk mencegah terulangnya pelanggar di flyover tapal kuda, pihak Dishub akan berkoordinasi dengan polisi.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, karena kendaraan pribadi kewenangannya di pihak kepolisian," jelas Budi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan mencarikan solusi agar pemotor tak lagi melawan arah di flyover tapal kuda. Dia menilai sangat berbahaya jika masih ada pengendara melawan arah.

"Dalam hal ini sepeda motor yang melawan arus tentu sangat bertentangan dengan aturan-aturan yang ada. Nanti kita carikan solusinya dan dijaga agar tidak ada lagi pengguna sepeda motor yang melawan arus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta.

"Tentu kita bersyukur bahwa flyover tapal kuda sudah selesai, nanti pada saatnya akan diresmikan oleh Pak Gubernur," lanjutnya.

Simak juga video 'Atap Rumah Warna-warni Hiasi Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung':

[Gambas:Video 20detik]