Polisi Bakal Larang Warga Selfie Jika Flyover Tapal Kuda Dioperasikan

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 19:31 WIB
Flyover Tapal Kuda di wilayah Tanjung Barat dan Lenteng Agung mulai dibuka untuk uji coba. Proses uji coba akan dilakukan selama 3 hari ke depan.
Penampakan dari udara flyover Tapal Kuda (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Flyover Tapal Kuda di Tanjung Barat dan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, jadi lokasi selfie atau swafoto warga saat dibuka untuk uji coba selama tiga hari. Polisi akan melarang warga melakukan selfie jika nantinya flyover Tapal Kuda dioperasikan.

"Untuk yang selfie-selfie ini memang ya karena ini kan lagi booming, terus atap-atap sekitar flyover bagus sudah dicat. Nanti kalau sudah operasional, tentu kita larang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Selain itu, Sambodo mengatakan pihaknya telah melakukan survei langsung ke lokasi untuk melihat kondisi flyover tersebut. Menurut Sambodo, pihaknya kini tengah merancang mekanisme pergerakan kendaraan di lokasi tersebut agar tidak menimbulkan kemacetan.

"Kami sendiri juga sudah survei ke sana untuk melihat terutama di Lenteng Agung yang turunannya itu langsung bersamaan dengan persimpangan. Nah, ini nanti kita lihat seperti apa rekayasanya, gimana yang bagus supaya nanti juga menimbulkan kelancaran dan juga sisi safety-nya lebih aman," terang Sambodo.

Diberitakan sebelumnya, flyover Tapal Kuda seketika menjadi ajang selfie atau swafoto warga setelah dibuka untuk uji coba dalam tiga hari ke depan.

Pantauan detikcom di flyover Tapal Kuda, Minggu (31/1/2021), terlihat sejumlah warga berhenti di bagian atas atau lengkungan putaran balik (u-turn) jalan layang itu. Warga pun tampak berswafoto dan mengabadikan suasana sekitar.

Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji telah berupaya mengalihkan tempat berfoto warga dari flyover ke jembatan penyeberangan orang (JPO) Tapal Kuda.

"Iya (tempat foto dialihkan ke JPO), kan JPO-nya sedang proses penyelesaian," kata Isnawa Adji kepada detikcom, Minggu (31/1/2021).

"Sementara JPO-nya belum selesai, memang mereka berfoto di lintasan Tapal Kuda-nya. Nanti kalau JPO sudah selesai, pasti mereka akan berswafoto di jembatan tersebut," jelasnya.

(ygs/mea)