Isu Reshuffle Seret Nama Mentan Syahrul, NasDem Yakin Kadernya Kerja Bagus

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 17:43 WIB
Ahmad Ali (Dok. Pribadi).
Waketum NasDem Ahmad Ali (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Isu reshuffle kembali mencuat. Kini, isu reshuffle menyeret nama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko di jajaran pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NasDem menilai reshuffle merupakan hak prerogatif Jokowi. Ia pun tidak keberatan jika salah satu kadernya terkena reshuffle.

"Kan itu prerogatif Presiden, (NasDem) nggak keberatan," kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu (3/1/2021).

Ali yakin menteri dari NasDem di jajaran Kabinet Indonesia Maju selama ini memberikan kinerja yang bagus. Namun ia kembali mengatakan hanya Presiden Jokowi yang memiliki hak menilai para menterinya.

"Kami yakin menteri yang dari kader NasDem selama ini kerjanya sudah bagus. Tapi kembali lagi yang berhak menilai kinerja menteri adalah Presiden," ujarnya.

Selain itu, Ali belum mengetahui adanya isu reshuffle jilid kedua Kabinet Indonesia Maju. Ali mengatakan hanya Presiden Jokowi yang mengetahui kebenaran informasi itu.

"Saya belum dengar tentang isu reshuffle tersebut karena yang tahu hanya Pak Presiden," ucapnya.

Sebagai informasi, dalam Kabinet Indonesia Maju, NasDem mendapat tiga posisi menteri. Mereka adalah Menteri Pertahan (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate.

Awal mula isu reshuffle jilid kedua muncul diembuskan oleh Jokowi Mania (JoMan). JoMan menyebut akan ada satu hingga tiga orang yang kena reshuffle.

"Reshuffle jilid 2. Katanya sih dekat-dekat ini," kata Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer kepada wartawan, Rabu (3/2).

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPP PKB Faisol Riza memberikan sinyal serupa. Namun ia menegaskan reshuffle tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Tidak dalam waktu dekat. Tapi ada catatan," kata Faisol kepada wartawan, Rabu (3/2).

Sejauh ini, ada dua posisi yang beredar akan terkena reshuffle, yaitu Menteri Pertahan (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko. Faisol membenarkan salah satu dari dua info tersebut, tapi tidak menyebut pasti mana yang benar.

"Satu benar, satu salah," ucapnya.

Lihat juga Video: Jokowi Diisukan Mau Reshuffle Lagi, Ini Kata PKS

[Gambas:Video 20detik]



(hel/zak)