PPSU di Jakpus Nyaris Jadi Korban Curanmor, Pelaku Bermodus Tawarkan Bansos

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 21:27 WIB
Kapolsek Gambir AKBP Kadek Budiarta.
Kapolsek Gambir AKBP Kadek Budiarta (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria berinisial WP ditangkap setelah diduga melakukan percobaan pencurian sepeda motor milik anggota PPSU berinisial HP. Saat melakukan aksinya, pelaku menggunakan modus menawarkan bansos kepada korban.

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Polisi pun menangkap pelaku.

"Benar, kita telah terima laporannya. Dari hasil di lapangan ini, kita masih dalam proses pengembangan, masih dalam tahap pemeriksaan daripada tersangka," ujar Kapolsek Gambir AKBP Kadek Budiarta di Mapolres Jakarta Pusat, Selasa (2/2/2021).

Kadek menjelaskan, awal mulanya pelaku menghampiri korban dan menawarkan bansos kepada anggota PPSU tersebut. Pelaku lalu minta dibonceng korban untuk menuju tempat bansos tersebut.

Namun, saat sampai di lokasi, pelaku hendak meminjam motor korban. Korban tidak langsung mengikuti permintaan pelaku dan memanggil rekan-rekannya sesama anggota PPSU.

"Intinya pegawai PPSU ini ditanyakan sama tersangka 'mau bansos tidak'. Kalau mau anter saya. Nah, dianterlah pakai kendaraan itu, motornya PPSU ini. Sampai di belakang Paspampres yang ada puranya itu, dia (pelaku) minta untuk meminjam kendaraannya. Di situ PPSU memanggil rekan-rekannya," terang Kadek.

Upaya pencurian itu pun gagal. Pelaku kemudian diamankan oleh rekan-rekan PPSU korban.

"Menurut dia (korban) mengatakan mau terpedaya karena dijanjikan bansos. Kalau urusan hipnotis atau tidak, yang jelas bahwa keberadaan motor itu masih dalam kuasanya dia. Belum sampai pindah tangan ke orang tersebut," ujar Kadek.

Pelaku kini masih menjalani pemeriksaan di Polsek Gambir. Kadek menyebut pihaknya masih akan mendalami keterangan pelaku sebelum menentukan pasal yang dipersangkakan.

"Nanti dalam pengembangan kita lihat ya," katanya.

(idn/idn)