Dinkes: 42 Persen Tenaga Kesehatan di DKI Jalani Vaksinasi COVID-19

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 19:32 WIB
Proses vaksinasi COVID-19 digelar di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta. Para tenaga kesehatan mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di DKI Jakarta sudah menerima vaksinasi COVID-19 di tahap pertama. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan ada 42 persen tenaga kesehatan di Ibu Kota yang sudah disuntik vaksin.

"Datanya itu real time terus bergerak saat ini kita aplikasi di-create oleh tim pusat, kita ada 500 lebih faskes yang kita siapkan kalau sasaran yang berdasarkan data sistem informasi sumber daya kesehatan yang bekerja di faskes di DKI baik itu rumah sakit, puskesmas maupun klinik. Persentase yang sudah disuntik saya melihat di databasenya kemarin sekitar 42 persen," ujar Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Widyastuti menerangkan total tenaga kesehatan yang ada di Jakarta ada sebanyak 131 ribu. Dari data tersebut, 90 ribu di antaranya telah melakukan registrasi untuk sebagai syarat penerima vaksin.

"Begini, kan 131 (ribu) tadi tidak semuanya meregistrasi ulang mungkin data tersebut kan data itu harus update kan, data pendataan sejak tahun lalu jadi mungkin ada yang sudah pindah, ada yang usianya sudah di perbatasan, usia lewat sehingga 42 persen itu dari yang sudah registrasi setelah dilakukan cleaning data," ucapnya.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan pihaknya kembali mengundang 21 orang pejabat dan tokoh masyarakat untuk menjalani vaksinasi tahap ke-2 di Balai Kota. Vaksinasi tersebut akan dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta pad Jumat (29/1).

"kalau kemarin sih yang divaksin 21. Ini kan yang kemarin yang mendapat suntikan pertama kita undang kembali untuk dapat suntikan kedua," katanya.

Diketahui, Pemprov DKI telah memulai vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan pada Kamis (14/1). Sedangkan pemberian vaksinasi terhadap perwakilan pejabat dan tokoh masyarakat dilakukan pada Jumat (15/1).

(man/dkp)