Pemprov DKI Siapkan Tambahan 5 RS Swasta Jadi Rujukan COVID-19

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 17:50 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan lima rumah sakit swasta menjadi rujukan COVID-19. Kelima rumah sakit swasta itu sedang dalam proses persiapan.

"Yang lima sedang dalam proses, karena dalam menambah itu kan konsekuensinya bagaimana tenaganya juga ada tersedia. Lima itu RS swasta semua," ujar Kepala Dinas DKI Jakarta Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, dalam menyiapkan rumah sakit rujukan itu, yang paling penting ialah menyediakan sumber daya manusianya (SDM). Sebab, dalam Dinkes DKI Jakarta membutuhkan orang yang sudah mahir dalam perawatan COVID-19.

"Kan selain menambah rumah sakit kami juga menambah tempat tidur di rumah sakit yang sudah ada. Yang paling penting adalah SDM, saat ini sudah diberikan kemudahan dan kami sudah mendapatkan bantuan SDM," ucapnya.

"SDM kan butuhnya yang sudah mahir, sehingga tidak semuanya bisa cepat dieksekusi. Kami tentu terus menerus memberikan peningkatan kompetensi lewat training di lokasi rumah sakit," sambung Widyastuti.

Diketahui, saat ini ada 101 rumah sakit rujukan khusus COVID-19. Bila 5 rumah sakit swasta tersebut disetujui, akan ada 106 rujukan COVID di Jakarta.

Tingkat keterisian tempat tidur untuk isolasi di rumah sakit rujukan sebesar 86 persen. Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur di ruang ICU di rumah sakit rujukan COVID-19 sebesar 84 persen.

(man/aud)