Polda Metro Tangkap Penjual Hewan Langka di FB, Orang Utan-Lutung Disita

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 12:24 WIB
Jakarta -

Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya menangkap pelaku jual-beli hewan langka yang dilindungi. Dari seorang tersangka inisial Y, polisi menyita orang utan hingga lutung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dalam melakukan aksinya, pelaku tergabung dalam komunitas pencinta hewan di Facebook dan grup WhatsApp. Di grup komunitas tersebut, pelaku mencari hewan-hewan langka yang akan dijualnya kembali.

"Mereka buat satu komunitas hewan pencinta satwa di media sosial. Di situ pelaku cari siapa miliki binatang langka dan dia siap beli. Nanti dia jemput dengan harga yang telah ditentukan, lalu dia simpan di suatu tempat. Lalu dia punya grup lain yang menjual dan menawarkan," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Polda Metro Tangkap Penjual Hewan Langka di Media SosialPolda Metro menangkap penjual hewan langka di FB, orang utan-lutung disita. (Yogi Ernes/detikcom)

Menurut Yusri, pelaku Y melakukan aksinya sejak Agustus 2020. Sehari-hari dia merupakan pedagang hewan burung di Bekasi.

Yusri mengatakan, hewan langka dijual pelaku dengan harga tinggi. Pelaku mendapat keuntungan hingga Rp 10 juta dari hasil menjual hewan-hewan langka tersebut.

"Setiap 1 binatang diambil untung Rp 1-10 juta. Itu dari Agustus 2020," imbuh Yusri.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2