Kemenristek Akan Kembangkan Alat Ukur Antibodi-Tes Corona Mendekati PCR

ADVERTISEMENT

Kemenristek Akan Kembangkan Alat Ukur Antibodi-Tes Corona Mendekati PCR

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 12:08 WIB
Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro memaparkan prioritas ristek 2021
Menristek Bambang Brodjonegoro (Foto: Tangkapan layar youtube Kemenristek)

Pengembangan inovasi keempat kata Bambang adalah produksi ventilator untuk ICU. Saat ini sudah ada 5 kelompok yang sedang bekerja keras untuk menciptakan alat tersebut.

"Berikutnya adalah rencana 2021 pengembangan ventilator tetapi khususnya ventilator untuk ICU mengingat tahun 2020 belum ada ventilator ICU yang dikembangkan oleh inovator atau peneliti dalam ngeri dan kebetulan sudah ada 5 kelompok yang bekerja keras untuk melahirkan ventilator ICU dari LIPI, dari BPPT dari Gajah Mada dari ITB juga serta satu dari pihak swasta dan kita harapkan paling tidak satu dari 5 ini paling tidak nantinya tahun 2021 sudah lolos semua uji termasuk uji klinis yang tidak mudah sehingga mudah-mudahan tahun 2021 bisa jadi penanda salah satu milestone dalam inovasi kita yaitu Indonesia bisa melahirkan dan mengembangkan ICU ventilator," katanya.

Kelima, Bambang mengatakan pemerintah terus mengembangkan vaksin Corona Merah Putih. Bambang menargetkan pada Maret nanti bibit vaksin Merah Putih sudah diterima PT Bio Farma.

"Dan mengenai progres vaksin merah putih sendiri kita harapkan bulan Maret ini bibit vaksin mulai diserahkan kepada PT Bio Farma dan kita juga mengundang dan mendorong perusahaan swasta lain untuk ikut berpartisipasi dalam industri pengembangan vaksin," katanya.

Selain itu, Kemenristek juga akan mengembangkan 3 tema prioritas riset nasional (PRN). Tiga tema itu adalah Pesawat Udara Nir-Awak jenis Medium Altitude Long Endurance (PUNA MALE), bahan bakar nabati dan garam industri.

"Selain tentang vaksin riset dan inovasi yang menjadi prioritas nasional terus kami prioritaskan, keputusan Presiden yang menetapkan 3 tema PRN yaitu PUNA MALE, kemudian bahan bakar nabati katalis merah putih serta garam industri dalam proyek strategis nasional sektor teknologi merupakan tantangan bagi kami semua untuk mewujudkannya," ucapnya.


(lir/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT