BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Sulsel, Hujan Deras-Gelombang Pasang

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 10:12 WIB
hujan rintik-rintik di payung
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini. Sejumlah wilayah diprakirakan akan diguyur hujan disertai angin kencang, dan beberapa wilayah perairan Sulsel akan mengalami gelombang pasang.

"Berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai angin kencang di Kabupaten Maros dan sekitarnya, Kota Makassar dan sekitarnya, Kabupaten Gowa dan sekitarnya," tulis BMKG Makassar dalam keterangan resminya, Kamis (28/1/2021).

Hujan lebat disertai angin kencang tersebut juga diprakirakan akan meluas ke sejumlah wilayah lain di Sulsel, seperti Kabupaten Barru, Pangkep, Takalar, Jeneponto, dan wilayah di sekitar kabupaten tersebut.

BMKG juga melaporkan hujan lebat disertai angin kencang tersebut akan terjadi mulai pukul 09.50 Wita hingga pukul 11.50 Wita.

Selain itu, BMKG Makassar juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi air laut di sejumlah perairan di Sulsel. Gelombang tinggi dengan kategori moderate sea (gelombang 1,25-2,5 meter) diprakirakan terjadi di perairan Spermonde Makassar, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores bagian utara.

"Rough sea (gelombang 2,5-4 meter) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan Pare-Pare, perairan Spermonde Pangkep bagian barat, perairan Spermonde Pangkep, perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan barat Kep. Selayar, perairan Sabalana, perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian barat, perairan P. Bonerate-Kalaotoa bagian utara, perairan P. Bonerate-Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur," jelas BMKG.

Lihat juga video 'BMKG Sudah Prediksi Cuaca Ekstrim di Kalimantan Selatan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)