Kemnaker Beri Bantuan Uang hingga Makanan untuk Korban Banjir Kalsel

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 21:10 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda menyalurkan bantuan untuk korban terdampak musibah banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan berupa uang tunai Rp 26,8 juta dan makanan serta pakaian layak pakai diserahkan oleh Kepala BLK Samarinda, Andri Susila.

"Bantuan kemanusiaan ini disalurkan sebagian melalui tiga BLK yang ada di Kalsel, yaitu BLK Banjarbaru, BLK Pelaihari, dan BLK Amuntai," ujar Andri dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Andri mengatakan bantuan untuk korban banjir dikumpulkan dari 15 BLK di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Di antaranya berasal dari BLK Bontang, Balikpapan, Paser, Kutai Timur, Nunukan, Tarakan, Kotawaringin Timur, Buntok, Palangkaraya, Seruyan, Kotawaringin Barat, Sukamara, Murung Raya, dan Kapuas.

"Bantuan ini dikoordinir BLK Samarinda sebagai bentuk kepedulian Kemnaker kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan," katanya seraya menambahkan pihaknya juga menyerahkan bantuan ke ormas pemuda di Kota Samarinda.

Sebelumnya, Kemnaker melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar juga mengirim sejumlah bantuan logistik untuk para pengungsi yang menjadi korban bencana gempa Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Dengan melibatkan masyarakat sekitar, BLK Makassar juga membuka posko dapur umum untuk membantu para pengungsi korban bencana gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat.

Berbagai sumber daya milik Kemnaker juga dikerahkan untuk membantu para korban gempa bumi. Kemnaker mengerahkan bantuan melalui BLK Pangkajene dan Kepulauan dan BLK Bantaeng yang disalurkan dengan menggunakan Mobile Training Unit (MTU).

(ncm/ncm)