Begini Penelusuran Jasa Marga soal Viral Motor Masuk Tol Cibitung

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 21:10 WIB
Motor Masuk Tol Jakarta-Cikampek Malam-malam
Tangkapan layat pemotor masuk Tol Cibitung (Foto: screenshot video/ist)
Jakarta -

Sebuah motor nyelonong masuk ke ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek membuat heboh warga. Hal ini pun membuat Jasa Marga menelusuri kejadian tersebut.

"Sebelumnya kami mohon maaf atas kejadian masuknya sepeda motor ke ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin malam 25 Januari 2021," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Berdasarkan penelusuran dan pengamatan rekaman video amatir yang beredar di media sosial, Jasa Marga menyebutkan posisi motor ada di Km 32 arah Cikampek (daerah Cikarang).

"Diduga pengendara masuk dari akses tol terdekat, yaitu akses Tol Cikarang Barat 4 arah Cikampek," imbuh Corry.

Pemotor masuk ke ruas jalan tol diduga karena kurang memperhatikan jalan. Lokasi yang diduga menjadi akses masuk pemotor itu sendiri tidak terdapat gerbang tol.

"Pada akses tol tersebut, tidak terdapat gerbang tol karena pengguna jalan tol tidak dikenai transaksi pembayaran. Pengguna jalan tol dapat langsung masuk ke jalan tol dan melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol keluar (off ramp-pay)," jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, pengendara motor masuk ke ruas jalan tol tersebut karena tersasar. Pemotor tidak mengubah setting-an kendaraan yang digunakan saat menggunakan aplikasi navigasi.

"Berdasarkan pengakuan pengendara motor yang pernah diamankan petugas kami sebelumnya, pengendara motor yang salah masuk ke jalan tol disebabkan pengendara tersebut menggunakan aplikasi navigasi perjalanan tanpa mengubah jenis kendaraan yang digunakan (motor/roda 2). Sehingga aplikasi navigasi perjalanan tersebut akan menunjukkan arah jalur mobil/kendaraan roda 4 menuju lokasi yang dituju," paparnya.

Simak informasi selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2