Kuasa Hukum Harap Hakim Tak Lanjutkan Sidang dan Bebaskan John Kei

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 17:23 WIB
Pengacara John Kei, Anton Sudanton usai sidang John Kei di PN Jakbar
Pengacara John Kei (Foto: Dwi Andayani/detikcom)

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tanggapan atas nota keberatan atau eksepsi John Kei. Jaksa meminta hakim menolak nota keberatan tersebut.

"Kami selaku penuntut umum memohon kepada majelis hakim supaya menolak keberatan atau eksepsi yang diajukan tim penasihat hukum terdakwa John Refra alias John Kei untuk seluruhnya," ujar Jaksa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (27/1/2021).

Jaksa juga meminta hakim menyatakan surat dakwaan jaksa telah sesuai serta melanjutkan persidangan dengan agenda pemeriksaan alat bukti.

Dalam tanggapannya, jaksa menyebut pernyataan penasihat hukum terkait ketidakikutsertaan John Kei dalam penyerangan hanya berdasarkan asumsi. Jaksa mengatakan penasihat hukum tidak memeriksa dan mempertimbangkan barang bukti yang diajukan jaksa.

Jaksa mengatakan, dalam surat dakwaan, pihaknya telah menguraikan dengan lengkap tindak pidana yang dilakukan oleh John Kei.

"Bahwa penuntut umum keberatan dengan alasan yang disampaikan oleh penasihat hukum karena hanya didasarkan kepada asumsi-asumsi penasihat hukum semata tanpa terlebih dahulu memeriksa serta mempertimbangkan barang bukti serta alat bukti yang diajukan oleh penuntut umum sebagaimana tujuan dari hukum itu sendiri, yaitu mencari kebenaran materiil," kata jaksa.

Halaman

(dwia/lir)