Ariza Telepon Luhut, Minta Pasien COVID Botabek Dirawat di Daerah Masing-masing

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 14:17 WIB
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria Tinjau TPU Rorotan
Ahmad Riza Patria (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menelepon Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Ariza meminta pemerintah pusat menambah fasilitas rumah sakit di Botabek sehingga pasien COVID-19 bukan warga Jakarta bisa dirawat di daerah masing-masing.

"Nah, yang ketiga ini yang mudah-mudahan dalam waktu dekat terus kami koordinasikan. Tadi juga saya bertelepon dengan Pak Menko (Luhut) mudah-mudahan ada penambahan nanti di daerah Botabek. Jadi pemerintah pusat akan membantu mudah-mudahan meningkatkan kapasitas kemampuan dari daerah-daerah di luar Jakarta yaitu Botabek. Apakah rumah sakitnya, nakesnya, ICU, dan sebagainya. Itu harapan kami," ujar Ariza saat ditemui di TPU Rorotan, Rabu (27/1/2021).

Ahmad Riza Patria mengatakan selama ini Jakarta melayani pasien COVID-19 yang merupakan warga non-Jakarta. Kisaran pasien non-Jakarta bisa mencapai 30 persen.

"Sehingga yang selama ini kami melayani menampung tidak kurang dari 24 persen, bahkan bisa 28, 30 persen pasien non-Jakarta," terangnya.

Ahmad Riza Patria berharap ke depannya pemerintah pusat membantu daerah luar Jakarta supaya masing-masing daerah bisa menampung warganya yang terpapar COVID-19 sehingga okupansi rumah sakit di Jakarta menurun.

"Mudah-mudahan ke depan dengan dukungan dari pemerintah pusat yang akan membantu daerah Botabek di luar Jakarta nanti bisa tertampung di daerah masing-masing. Kemudian lagi yang di Jakarta maka okupansinya semakin menurun. Jadi kalau angkanya sampai 24, kalau dikurangi saja 24 persen dia berarti cuma 60 persen okupasi RS di Jakarta karena 24 kita menerima pasien dari non Jakarta. Bahkan angkanya bisa sampai 28-30 range-nya bisa sampai 24-30," papar Ariza.

Selain itu, Ahmad Riza Patria juga meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menambah hotel di Jakarta yang bisa dijadikan tempat untuk isolasi mandiri. Beberapa hotel di Jakarta memang sudah disulap menjadi tempat untuk pasien COVID-19.

"Nah itu yang kami harapkan. Insyaallah ini bisa segera diwujudkan. Ke depan juga jumlah hotel ya mudah-mudahan ke depan Pak Menteri Pariwisata akan mendukung di Jakarta mudah-mudahan ada penambahan hotel bagi isolasi mandiri," tandasnya.

Simak video 'Untuk Rawat Pasien Corona, RS Harus Penuhi Dulu Standar IPC':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2